Proliga 2021 digelar pada 31 Januari

id Proliga 2021,bola voli proliga,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera,

Proliga 2021 digelar pada 31 Januari

Tim pebola voli putri Bandung BJB Tandamata Aprilia Santini Manganang (tengah) merayakan kemenangan saat pertandingan seri kedua putaran kedua Proliga 2020 di GOR C'Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/3/2020). Bandung BJB Tandamata menang atas Jakarta BNI 46 dengan skor akhir 3-0 (25-17, 25-18, 25-9). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/hp.

Jakarta (ANTARA) - Kompetisi bola voli Proliga 2021 akan berlangsung mulai 31 Januari-28 Februari tahun depan di satu tempat, yakni Padepokan Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu mengatakan bahwa alasan penggunaan satu tempat itu dipilih untuk menghindari potensi penyebaran virus corona seandainya pandemi tak kunjung mereda hingga tahun depan. Lagipula, kata dia, kompetisi akan berlangsung tanpa penonton.

“Kalau tanpa penonton buat apa pindah-pindah tempat. Di satu tempat tim jadi hemat, panitia juga jadi lebih hemat. Dan semua pertandingan disiarkan secara langsung di TV nasional dan live streaming," ujar Hanny usai memimpin rapat persiapan Proliga 2021.

Selain itu, format pertandingan Proliga 2021 juga akan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kompetisi musim depan hanya akan dilangsungkan selama dua pekan untuk babak reguler, dan satu pekan untuk semifinal sekaligus final.

Tak hanya itu, setiap tim hanya diperkenankan menggunakan maksimal satu pemain asing pada kompetisi musim depan.

Sementara bagi pemain lokal akan ada peraturan pembatasan gaji yang terbagi ke dalam beberapa kategori, yakni pemain non tim nasional, pemain tim nasional, dan pemain nasional yang bermain di internasional.

"Hal ini diterapkan agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat dari klub-klub peserta Proliga di dalam memberikan gaji kepada pemainnya," ucap Hanny.

Demi mencegah penularan virus, seluruh panitia dan petugas lapangan nantinya akan diisolasi di padepokan voli milik PP PBVSI itu. Seluruh peserta yang terlibat, baik pemain, ofisial tim, petugas lapangan, dewan hakim, SRC, wasit, maupun panitia harus melewati tes bebas COVID-19.

Setidaknya ada sembilan tim yang dipastikan ikut serta pada kompetisi Proliga musim depan, yaitu Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung Bank bjb Pakuan, Gresik Petrokimia, Surabaya Bhayangkara Samator, Palembang Bank SumselBabel, Lamongan Sadang MHS, dan Jakarta PGN Popsivo Polwan.

Sebelumnya, Proliga 2020 terpaksa dihentikan usai putaran kedua reguler, 11-13 Maret 2020 yang berlangsung di Yogyakarta akibat pandemi COVID-19.

Berikut jadwal Proliga 2021:

Putaran pertama: 31 Januari-7 Februari 2021

Putaran kedua: 14-21 Februari 2021

Semifinal putri: 25 Februari 2021

Semifinal putra: 26 Februari 2021

Final putri: 27 Februari 2021

Final putra: 28 Februari 2021