Pemkot Palembang bantu pelaku UMKM bangkit dari dampak COVID-19

id pemkot palembang bantu pelaku umkm banghkit dari covid-19, pelaku umkm, umkm, sekda palembang, perhatikan naisb pelaku u

Pemkot Palembang bantu pelaku UMKM bangkit  dari dampak COVID-19

Sekda Palembang, Ratu Dewa. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terpuruk dampak wabah COVID-19 bangkit melakukan kegiatan usaha menyesuaikan dengan kondisi normal baru produktif aman dari penularan virus tersebut.

"Pelaku UMKM harus mulai bangkit, untuk membantu mereka disiapkan program pembinaan bantuan modal usaha tanpa bunga," kata Sekda Palembang, Ratu Dewa di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner, kerajinan tangan, busana tradisional dan bidang lainnya jangan menyerah dengan menurunnya omzet dampak kondisi ekonomi yang kurang baik dan pandemi COVID-19 sekarang ini.

Kondisi sulit sekarang ini harusnya menjadi tantangan untuk melakukan kegiatan yang mampu membawa pelaku UMKM bertahan dan melakukan berbagai terobosan baru.

"Dalam kondisi sulit sekarang ini harus melakukan berbagai cara agar bisa bertahan, sambil melihat peluang melakukan terobosan pengembangan usaha," ujar Sekda.

Melalui pembinaan dan bantuan modal usaha itu diharapkan jumlah pelaku UMKM di Bumi Sriwijaya ini tidak mengalami penurunan drastis akibat tidak mampu bertahan menghadapi kondisi sulit tersebut.

Berdasarkan data pada 2019, di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini terdapat sekitar 37 ribu pelaku UMKM, sebagian besar mereka masih menjalankan kegiatan usahanya, namun untuk mengetahui secara persis berapa banyak yang tidak mampu bertahan dampak wabah COVID-19 itu, terus dilakukan pendataan, kata Ratu Dewa.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar