Anggota Orari Palembang siapkan dukungan komunikasi bagi siswa belajar di rumah

id alat komunikais, ht, radio komunikais, peralatan radio orari untuk menunjang kegiatan belajar drai rumah, belajr dari ru

Anggota Orari Palembang siapkan dukungan komunikasi bagi siswa belajar di rumah

Siswa di Kota Palembang melakukan kegiatan belajar dari rumah di masa pandemi COVID-19 sekarang ini menggunakan radio komunikasi HT. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Anggota Orari yang tersebar hingga pelosok kelurahan dalam wilayah 18 kecamatan siap membantu penyelenggaraan belajar di rumah dan menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat
Palembang (ANTARA) - Anggota Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari) di Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan dukungan komunikasi kepada Dinas Pendidikan dan siswa di kota setempat untuk melakukan kegiatan belajar dari rumah di masa pandemi COVID-19 sekarang ini.

"Anggota Orari yang tersebar hingga pelosok kelurahan dalam wilayah 18 kecamatan siap membantu penyelenggaraan belajar di rumah dan menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat dan semua pihak terkait," kata Pengurus Orari Palembang, Yoriwansyah di Palembang, Rabu.

Sekarang ini belum ada secara resmi yang meminta dukungan kegiatan belajar dari rumah, namun sesama anggota Orari sudah sering digunakan peralatan radio komunikasi untuk memfasilitasi anak-anak mereka membahas suatu pelajaran.

Untuk mendukung kegiatan belajar terutama bagi siswa dan guru yang mengalami masalah tidak tersedianya peralatan dan biaya paket internet, dia bersama rekan-rekan anggota Orari siap memfasilitasi dengan memanfaatkan radio komunikasi yang mereka miliki selama ini, katanya.

Menurut dia, teman-temannya anggota Orari yang tersebar di 18 kecamatan, selama ini sering memberikan dukungan komunikasi mengenai kondisi suatu daerah dan peristiwa bencana alam.

Selain itu, jika terjadi aksi unjuk rasa di suatu tempat, kemacetan lalu lintas, bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran di kawasan permukiman penduduk atau kebakaran hutan pada musim kemarau, membantu menyebarluaskan informasinya kepada masyarakat dan pihak berwenang.

Dengan adanya dukungan komunikasi itu, pihaknya berharap peralatan radio yang dimiliki anggota Orari dapat membantu memperlancar kegiatan siswa belajar dari rumah.

Peralatan radio komunikasi milik anggota Orari sangat memungkinkan digunakan untuk kegiatan belajar karena bisa digunakan melakukan komunikasi dan distribusi informasi mengenai pelajaran dari guru ke siswa, dan sesasama siswa tanpa harus mengeluarkan biaya pulsa atau paket data internet, ujar pemegang kode panggilan udara YC 4 JMS itu.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar