Kurs rupiah kembali menguat jelang pengumuman hasil rapat The Fed

id Rupiah,Dolar,Kurs,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Kurs rupiah kembali menguat jelang pengumuman hasil rapat The Fed

Ilustrasi: Kasir sedang menghitung rupiah di atas hamparan dolar AS (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi kembali menguat menjelang pengumuman hasil rapat bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve.

Pada pukul 09.27 WIB, rupiah menguat 76 poin atau 0,52 persen menjadi Rp14.459 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.535 per dolar AS.

Baca juga: Kurs rupiah menguat tajam seiring terhambatnya pemulihan ekonomi AS

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Selasa, mengatakan, tekanan terhadap dolar AS kelihatannya masih belum hilang menjelang pengumuman hasil rapat bank sentral AS dini hari nanti.

"Pasar berekspektasi The Fed masih akan menyuarakan nada pesimis mengenai pemulihan ekonomi AS di tengah pandemi," katanya.

Selain itu, The Fed semalam mengumumkan memperpanjang program stimulus fasilitas pinjaman, yang akan berakhir pada September 2020, hingga akhir tahun ini.

Baca juga: Rupiah berpotensi menguat, pasar alih fokus ke pemulihan ekonomi Indonesia

Menurut Ariston, Sikap The Fed tersebut mengindikasikan ekonomi AS masih akan tertekan lebih lanjut yang memberikan tekanan ke dolar AS.

"Di sisi lain, pengumuman ini juga mendukung penguatan harga aset-aset berisiko karena bertujuan membantu pemulihan ekonomi," kata Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah berpotensi bergerak menguat di kisaran Rp14.400 per dolar AS hingga Rp14.600 per dolar AS.

Pada Selasa (28/7), rupiah ditutup stagnan di level Rp14.535 per dolar AS, sama seperti hari sebelumnya.

Baca juga: Polisi: artis FTV H pasang tarif puluhan juta rupiah
Baca juga: Nilai tukar rupiah berpeluang menguat seiring perkembangan positif vaksin Corona