Wagub Sumsel minta mahasiswa KKN jadi motor penggerak cegah pandemi corona

id Wagub, kkn, corona, cegah, kadis

Wagub Sumsel minta mahasiswa KKN jadi motor penggerak cegah pandemi corona

Kadis Pendidikan Sumsel Riza Fahlevi (ANTAR/HO - Humas Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya minta mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata menjadi motor penggerak dalam pencegahan penyebaran COVID -19.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat menjadi motor penggerak dalam membantu pemerintah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayah masing-masing tentang pentingnya protokol kesehatan guna pencegahan wabah virus corona, kata Wagub Sumsel melalui Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Riza Fahlevi saat acara serah terima mahasiswa KKN melalui aplikasi Zoom di Command Center Kantor Gubernur Sumsel di Palembang, Senin.

Saat itu pula dilakukan penandatanganan berita acara serah terima mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Palembang.

Menurut dia, saat KKN mahasiswa dapat menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID -19.

Sosialisasikan mengenai protokol kesehatan seperti diantaranya menggunakan masker dan jaga jarak kepada masyarakat di tempat KKN.

Memang dampak dari corona tersebut bukan saja bidang kesehatan, ekonomi tetapi juga bidang pendidikan.

Apalagi bidang pendidikan, termasuk salah satu sektor sentral yang sangat merasakan dampak dari pandemi COVID-19.

Bahkan akibat kondisi corona itu telah mengubah kebijakan pendidikan yang semula menggunakan sistem tatap muka menjadi sistem pembelajaran jarak jauh, ujar dia.

Bahkan mulai pendidikan terendah hingga perguruan tinggi merasakan dampak dari corona tersebut.

Dia mengatakan, sebelumnya pelaksanaan KKN perguruan tinggi dilakukan dengan cara menentukan daerah tempat KKN secara berkelompok.

Namun, lanjut dia, sekarang ini berbeda karena suasana pandemi COVID 19 maka dilakukan protokol kesehatan dengan merubah sistem KKN tersebut dengan cara menempatkan mahasiswa sesuai dengan domisili masing-masing.

"Saya berharap kepada mahasiswa KKN, bagaimanapun situasi kondisi yang terjadi saat ini, saudara-saudara agar dapat bijaksana mengikutinya, kata dia.

Oleh karena itu pihaknya minta mahasiswa sedang KKN untuk membantu dalam memutus mata rantai corona tersebut antara lain menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan, tambah dia.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar