Pemkot Palembang siapkan regulasi untuk berdayakan pegiat seni

id seni buadaya, regulasi seni budaya, seniman,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari i

Pemkot Palembang siapkan regulasi untuk  berdayakan pegiat seni

Sekda Palembang Ratu Dewa dan Ketua Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam Palembang, Edwin Fast. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya menyiapkan aturan hukum guna memberdayakan pegiat seni, budaya, serta mengoptimalkan pemanfaatan potensi seni dan budaya setempat, untuk berbagai kepentingan pembangunan serta kemajuan daerah.

Sekretaris Daerah Pemkot Palembang Ratu Dewa di Palembang, Senin, mengatakan untuk membuat regulasi tersebut pihaknya telah memerintahkan pejabat Dinas Kebudayaan setempat agar melakukan berbagai persiapan untuk segera merealisasikannya.

Pihaknya juga berupaya melakukan urun rembuk dengan pegiat seni, budaya, dan sastra di "Bumi Sriwijaya" (sebutan untuk Palembang) itu, untuk memperoleh masukan terkait dengan pembuatan regulasi tersebut dan mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan Pemkot Palembang.

Terkait dengan aspirasi pegiat seni, budaya, dan sastra di kota itu, pihaknya selalu terbuka menerima masukan melalui setiap kesempatan.

Masukan dari masyarakat, kata dia, tidak harus disampaikan di kantor pada jam dinas.

"Jika ada kesempatan kegiatan di lapangan bahkan waktu istirahat di akhir pekan di rumah silakan saja disampaikan," katanya.

Ia mencontohkan bahwa dirinya menerima Ketua Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam Palembang, Edwin Fast serta rombongan pegiat seni dan sastra pada Hari Puisi Indonesia, Minggu (26/7), ngopi pagi di rumah," ujarnya.

Untuk membuat regulasi tersebut, pihaknya memerlukan masukan sebanyak-banyaknya, tidak hanya dari pegiat seni, budaya, dan sastra, akan tetapi juga pihak lain dan lapisan masyarakat lainnya.

"Sehingga bisa benar-benar mengakomodir kepentingan bersama," katanya.

Melalui upaya tersebut, diharapkan potensi seni dan budaya daerah dapat dimanfaatkan secara optimal dan mendukung para pegiat seni, budaya, dan sastra untuk mengaktualisasikan dirinya dengan baik, serta mengukir prestasi secara nasional maupun internasional.

Ketua Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam Palembang, Edwin Fast, menyambut baik rencana Pemkot Palembang membuat regulasi untuk memberdayakan pegiat seni, budaya dan sastra, serta mengoptimalkan potensi seni dan budaya daerah.

"Untuk segera mewujudkan regulasi tersebut, kami akan menyiapkan data dan konsep kerja pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah," ujar dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar