Dinas Sosial OKU persiapkan mekanisme penyaluran bansos tahap II

id Bansos tahap II, 20 ribu warga, terdampak COVID-19, dalam bentuk uang tunai, Rp200.000,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palemban

Dinas Sosial OKU persiapkan mekanisme  penyaluran bansos tahap II

Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial OKU, M Kholik. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mempersiapkan mekanisme pencairan bantuan sosial (bansos) tahap II untuk masyarakat di wilayah setempat yang terdampak COVID-19.

"Secepatnya dana akan dicairkan. Saat ini lagi menyesuaikan jadwal untuk pembahasannya bersama Sekda OKU termasuk syarat pencairannya," kata Kepala Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (OKU), Syaiful Kamal didampingi Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin, M Kholik di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, bansos tahap II ini diperuntukkan bagi 20 ribu warga di Kabupaten OKU yang terdampak wabah virus Corona.

Dalam pencairan bansos tahap ini, kata dia, akan dicairkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200.000 per kepala keluarga.

"Jadi ada perubahan jika sebelumnya bantuan diberikan dalam bentuk sembako, namun kali ini diganti dengan uang tunai sebesar Rp200.000," katanya.

Ia berharap bantuan tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan guna membantu meringankan beban masyarakat d itengah pandemi COVID-19.

Sementara itu, menurut Adi, satu warga Baturaja penerima bansos tersebut mengaku sangat senang karena bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai.

"Seharusnya dari tahap sebelumnya bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai bukan sembako," katanya.

Sebab, lanjut dia, dengan diberikan bantuan uang tunai sebesar Rp200.000 tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain selain sembako seperti kebutuhan sekolah.

"Apalagi sekarang tahun ajaran baru sangat membantu sekali seperti untuk membeli buku dan perlengkapan sekolah lainnya," ujarnya.