Persentase kematian akibat positif COVID-19 Indonesia menurun

id Wiku adisasmito, kematian covid-19,Persentase kematian akibat positif COVID-19,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antar

Persentase kematian akibat positif COVID-19 Indonesia menurun

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

Jakarta (ANTARA) - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, persentase kematian akibat  kasus positif COVID-19 tingkat nasional terus menurun dalam beberapa bulan terakhir.

Hal itu disampaikan Wiku dalam konferensi pers secara virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Jumat.

"Pada bulan Maret, persentase jumlah maksimum kematian 9,34 persen dengan angka rata-rata 4,89 persen," katanya.

Dia mengatakan, pada April, persentasenya sempat meningkat dengan maksimum 9,5 persen dan rata-rata 8,64 persen.

Namun selanjutnya sejak Mei berangsur menurun dengan maksimum 7,66 persen dan rata-rata 6,68 persen.

Untuk Juni, persentase kematian maksimum 6,09 persen dan rata-rata 5,56 persen. Juli persentase maksimum 5,08 persen dengan rata-rata 4,86 persen.

Wiku menyampaikan rata-rata angka kematian di dunia adalah 4,2 persen.

"Jadi Indonesia sudah mendekati rata-rata dunia," ujar dia.

Dia mengatakan penurunan persentase kematian ini terjadi karena manajemen kasus pasien yang lebih baik dari waktu ke waktu.

"Jumlah ruang isolasi meningkat menjadi 23.519, bed isolasi meningkat menjadi 188.510, tenaga kesehatan yang pengetahuannya makin tinggi dan terbiasa menangani COVID-19 juga semakin baik. Jumlah RS rujukan juga meningkat menjadi 839 RS di Indonesia," ujar dia.