Dandim dorong masyarakat cegah karhutla di Kabupaten OKI

id Dandim, Karhutla, maksimal, relawan

Dandim dorong masyarakat cegah karhutla di Kabupaten OKI

Relawan karhutla Ogan Komering Ilir (ANTAR/HO - Penrem Gapo)

Palembang (ANTARA) - Komandan Kodim 0402/Ogan Komering Ilir Letkol Czi Zamroni mendorong berbagai kalangan masyarakat setempat untuk mengoptimalkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan agar tidak terjadi bencana kabut asap seperti tahun sebelumnya.

"Jangan sampai terjadi kabut asap seperti tahun sebelumnya sehingga kebakaran hutan dan lahan harus terus diantisipasi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Senin.

Ia mengatakan hal itu saat pengarahan apel gelar pasukan relawan peduli lingkungan dalam rangka antisipasi karhutla.

Ia menjelaskan jajaranya, termasuk pemerintah daerah, tidak ingin kabupaten yang banyak lahan gambut tersebut terjadi kebakaran sehingga antisipasi dari relawan sebagai hal yang diharapkan.

Semua tim sudah terbentuk dan diharapkan bekerja secara sungguh-sungguh dalam mencegah karhutla.

“Para relawan harus diberikan kompensasi untuk kesejahteraan mereka, kita sama-sama menjaga agar di wilayah kita 'zero' asap”, katanya.

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir M. Djafar Sodiq mengajak seluruh komponen masyarakat setempat bersama-sama menjaga alam dan bersahabat dengan alam.

“Kita semua harus bersinergi dalam mengantisipasi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan”, ujarnya.

Kapolres Ogan Komering Ilir AKBP Alamsyah Pelupesi mengatakan tujuan apel menyiapkan semua komponen dalam mengantisipasi karhutla.

“Para relawan sangat berkontribusi besar membantu TNI dan Polri dalam mengantisipasi terjadinya karhutla, dan penegakan hukum akan tetap dilakukan dengan tegas terhadap pelaku pembakaran”, kata dia.

Dia mengatakan ke depan akan dibuat inovasi berupa Pasukan Drone yang akan memantau setiap saat situasi karhutla.

"Mari melaksanakan kegiatan ini dengan niat ibadah dan berikhtiar semoga Allah melindungi dan menjaga semua dalam beraktivitas," kata dia.

Usai apel dilanjutkan demonstrasi peragaan pemadaman api yang dilakukan relawan dari PT Sampoerna Argo dan patroli karhutla dengan kendaraan roda dua bersama komunitas motor trail Mesuji.

Demontrasi tersebut, antara lain diikuti personel TNI, Polri, BPBD, dan relawan dari perusahaan di wilayah Kecamatan Mesuji serta relawan MPA dari 17 desa se-Kecamatan Mesuji.