Morbidelli puncaki FP2 Grand Prix Spanyol

id motogp,franco morbidelli,GP Spanyol,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan am

Morbidelli puncaki FP2 Grand Prix Spanyol

Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo di Grand Prix Malaysia, Sirkuit Sepang. ANTARA/HO-Petronas SRT/aa. (Handout Petronas SRT)

Jakarta (ANTARA) - Franco Morbidelli unggul 0,027 detik dari rekan satu timnya, Fabio Quartararo, untuk membawa tim Petronas Yamaha di puncak catatan waktu sesi latihan bebas kedua (FP2) Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Jumat.

Morbidelli, yang telah mengamankan perpanjangan kontrak dua tahun di tim asal Malaysia itu, mencatakan waktu satu menit 38,125 detik di sesi latihan siang tersebut.

Brad Binder dari tim KTM Factory Racing menguntit, 0,125 detik di belakang kedua pebalap tim satelit Yamaha itu di P3, demikian laman resmi MotoGP.

Di suhu trek yang semakin panas, hanya Quartararo yang mampu memperbaiki catatan waktunya di FP2 sehingga Marc Marquez dari tim Repsol Honda masih memiliki catatan waktu tercepat dari kedua sesi latihan setelah memuncaki FP1.

Di FP2, Kedua pebalap Repsol Honda, Alex dan Marc, sempat terjatuh ketika melaju di Tikungan 8 dan 2 namun tidak mengalami cedera dan kembali menaiki tunggangannya.

Ini berarti Marc Marquez masih unggul dari catatan waktu Maverick Vinales dan Cal Crutchlow yang terpisahkan kurang dari 0,1 detik, dengan Andrea Dovizioso sebagai pebalap Ducati tercepat hari itu di P4.

Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar dan Jack Miller dari tim Pramac Racing menempati P5 dan P6, 0,2 detik dari catatan waktu Marquez, diikuti oleh pebalap Suzuki lainnya, Alex Rins di P7.

Trio pebalap KTM, berturut-turut Pol Espargaro, Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech 2) dan Binder, melengkapi posisi sepuluh besar hari itu.

Sepuluh pebalap tercepat dari tiga sesi latihan bebas pertama akan langsung mendapat tempat memperebutkan posisi start terdepan di Q2, sedangkan sisanya harus bertarung terlebih dahulu di Q1.

Hanya dua pebalap tercepat di Q1 yang bisa lolos ke Q2.

Kendati memuncaki FP2, Morbidelli dan Quartararo harus berjuang di FP3 jika mereka ingin mendapat slot 10 besar di kualifikasi.

10 besar catatan waktu pebalap setelah dua sesi latihan:

1. Marc Marquez (Repsol Honda Team) – 1:37,350
2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,024
3. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 0,088
4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0,121
5. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,131
6. Jack Miller (Pramac Racing) + 0,137
7. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,219
8. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,362
9. Iker Lecuona (Red Bull KTM Tech3) + 0,364
10. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,573