Komunitas Pohon Indonesia OKU tanam ratusan bibit pohon

id Komunitas Pohon Indonesia, Ogan Komering Ulu, tanam ratusan pohon, siapkan 16 ribu bibit, penghijauan, Kota Baturaja,berita sumsel, berita palembang,

Komunitas Pohon Indonesia OKU tanam  ratusan bibit pohon

Komunitas Pohon Indonesia (KPI) Cabang Kabupaten OKU lakukan gerakan menanam pohon, Jumat (17/7/2020). (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Komunitas Pohon Indonesia (KPI) Cabang Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, tanam ratusan bibit pohon di lingkungan Akademi Komunitas Negeri OKU, Kelurahan Baturaja Permai, Kecamatan Baturaja Timur guna penghijauan.

"Penanaman bibit pohon ini sebagai upaya melestarikan lingkungan hidup sekaligus menciptakan ruang terbuka hijau," kata Ketua KPI Ogan Komering Ulu (OKU), Meilan Tomy didampingi Wakilnya, Armeifran di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, penanaman bibit pohon ini dilakukan pihaknya sebagai upaya untuk menjadikan Kota Baturaja menjadi kawasan hijau dan ramah lingkungan.

Adapun bibit yang ditanam tersebut yaitu jenis pohon pelindung dan buah-buahan seperti buah mangga yang ditanam di lahan Akademi Komunitas Negeri OKU.

"Sebelumnya pada hari lingkungan hidup sedunia 5 Juni 2020 lalu kami juga melakukan penanaman bibit pohon di lingkungan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Baturaja," katanya.

Dia mengemukakan, dalam gerakan menanam pohon ini pihaknya menyiapkan sebanyak 16 ribu bibit pohon pelindung dan buah-buahan untuk ditanam secara bertahap di 158 kelurahan dan desa di Kabupaten OKU.

Menurut dia, pohon memiliki banyak manfaat dari berbagai sisi seperti mencegah banjir, mengurangi dampak pemanasan global dan polusi udara sehingga perlu dilestarikan dengan cara ditanam.

"Oleh sebab itu kami mengajak masyarakat OKU untuk gemar menanam pohon guna penghijauan," ujarnya.*