Pemkab OKI optimalkan BUMDes perbaiki ekonomi dampak pandemi corona

id bumdes,bumdes oki,bumdes kabupaten oki,kabupaten oki,ogan komering ilir,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumse

Pemkab OKI optimalkan BUMDes perbaiki ekonomi dampak pandemi corona

Bupati OKI Iskandar menunjukan produk kuliner berbahan ikan yang dihasilkan BUMDes. (ANTARA/HO/20)

Kayuagung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, mengoptimalkan keberadaan Badan Usaha Milik Desa untuk memperbaiki ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar di Kayuagung, Kamis, mengatakan, sementara ini terdapat 11 BUMDes di OKI yang sudah memiliki usaha berbasis kearifan lokal.

Ke-11 BUMDes itu tersebar di Desa Simpang Heran, Desa Celikah Kecamatan Kayuagung, Desa Keman Indah Kecamatan Mesuji Raya, Desa Rotan Mulya, Desa Kepayang Kecamatan Lempuing, Desa Kuta Pandan, Desa Srinanti, Desa Mangun Jaya dan Desa Surya Adi.

Usaha yang dilakukan, diantaranya, budidaya ikan, produk kuliner, pembuatan tikar khas daerah, dan lainnya.

“Ekonomi mengalami penurunan akibat adanya virus corona, bukan hanya warga di kota yang terdampak, di desa juga. Untuk itu harus dicarikan cara agar kegiatan ekonomi tetap ada, dan salah satunya dengan mengoptimalkan BUMDes,” kata dia.

Menurutnya, adanya virus corona ini justru menjadi momentum untuk membangkitkan ekonomi di desa karena setelah tujuh tahun program dana desa digulirkan dari pemerintah pusat terbilang belum menyentuh tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Diakui, infrastruktur di pedesaan semakin baik sejak ada kucuran dana desa, namun dampak ekonominya belum terlalu maksimal untuk masyarakat,” kata dia.

Untuk itu, Pemkab OKI akan mendorong penguatan ekonomi dana desa melalui BUMdes.

Pemkab akan mengarahkan desa-desa yang infrastrukturnya sudah baik untuk mengalihkan porsi dana APBDes untuk pemberdayaan dan penguatan ekonomi masyarakat

Oleh karena itu, Iskandar meminta para kepala desa tidak ragu dalam mengambil tindakan demi bangkitnya ekonomi di desa karena dampak pandemi.

“Jangan ragu, karena ada Kejaksaan yang akan mendampingi melalui program Jaksa Sahabat Desa,” kata dia.