Program UHC Musi Banyuasin tanggung biaya operasi tumor tiga warganya

id jaminan kesehatan muba,UHC musi banyuasin,program jaminan kesehatan

Program UHC Musi Banyuasin tanggung biaya operasi tumor tiga warganya

Susilawati (48) berpose bersama petugas dan kerabat setelah menjalani operasi dengan biaya dari program UHC Kabupaten Musi Banyuasin di RSUD Bayung Lencir, Musi Banyuasin, Selasa (14/7/2020). (ANTARA/HO Pemkab Musi Banyuasin)

Sekayu (ANTARA) - Program jaminan kesehatan universal (Universal Health Coverage/UHC) Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menanggung biaya operasi tumor tiga warga Desa Mangsang, Kecamatan Bayung Lencir.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex di Sekayu, Kamis, bersyukur operasi Endang (42), Sulastri Ningsih (3), dan Susilawati (48) pada Selasa (14/7) di RSUD Bayung Lencir berjalan baik.

"Saya bersyukur dan lebih bersyukur lagi karena program jaminan kesehatan ini sangat bermanfaat bagi warga Muba khususnya keluarga prasejahtera. Beban hidup mereka sudah tinggi, jika sakit harus membayar, tentunya mereka tidak mampu. Adanya program UHC ini menjadi salah satu solusi bagi mereka,” kata Dodi.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sebelumnya menanggung biaya operasi syaraf bayi berusia 58 hari bernama Bunga Azhara.

Bupati menjelaskan, Program UHC yang diluncurkan pada 1 Maret 2019 memfasilitasi 500 ribu orang lebih warga Muba menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional/Kartu Indonesia Sehat.

"Sebenarnya sejak tahun 2002 Kabupaten Muba sudah melaksanakan program berobat gratis dan menjadi pelopor di Indonesia, ke depan tentunya keberlangsungan dari program ini menjadi komitmen kami," kata dia.

Susilawati sebagai warga penerima manfaat program jaminan kesehatan berterima kasih kepada pemerintah daerah.

 “Saya tentunya merasa sangat tertolong atas program pemerintah kabupaten ini, saya berterima kasih sekali,” kata dia.