Sumsel targetkan perbaikan rumah warga tak layak huni satu bulan satu

id sumsel,info sumsel,bedah rumah,pemprov sumsel,berita sumsel,perbaiki rumah warga,perbaikan rumah di sumsel,gubernur sumsel,hd,herman deru,rumah tak la

Sumsel targetkan perbaikan rumah warga tak layak huni satu bulan satu

Arsip - Proses bedah rumah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya. ANTARA/HO-Dok Bag Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Perumahan Kementerian PUPR

Saya harapkan juga semoga ini menjadi pemicu agar seluruh Baznas kabupaten/kota se-Sumsel dapat menjalankan program yang sama, yaitu Sumsel Peduli bersama Baznas dengan bedah rumah warga tidak layak huni
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumsel Herman Deru menargetkan satu bulan satu rumah menjadi target perbaikan agar di daerah itu semua tempat tinggal menjadi layak huni.

"Program Bedah Rumah bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumsel akan terus digulirkan hingga ditargetkan dalam satu bulan satu rumah warga yang tidak layak huni dapat diperbaiki," kata dia usai peresmian bedah rumah di Palembang, Sabtu (11/7).

Peresmian program tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama bedah rumah Ustadzah Farida oleh Gubernur Sumsel Herman Deru diselenggarakan Baznas Sumsel.

Ia mengatakan bahwa agar terus berlanjut hingga satu bulan satu rumah diperbaiki, program ini selanjutnya akan dilaksanakan secara bersama melalui kerja sama antara Pemprov Sumsel, Baznas Sumsel, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumsel yang juga memiliki program serupa.

Digulirkannya bedah rumah satu bulan satu rumah ini diharapkan dapat menjadi pemicu kepedulian semua insan terhadap sesama termasuk juga bagi BUMN, seperti Pertamina, Pusri, maupun pihak swasta lainnya untuk diajak bersama menjalankan program perbaikan rumah tersebut.

"Saya harapkan juga semoga ini menjadi pemicu agar seluruh Baznas kabupaten/kota se-Sumsel dapat menjalankan program yang sama, yaitu Sumsel Peduli bersama Baznas dengan bedah rumah warga tidak layak huni," ujar dia.

Baca juga: Pemkab OKI bedah 1.271 unit rumah tak layak huni

Baca juga: Bantuan perbaikan rumah di Sumsel jumlahnya berkurang


Menurut dia, semua orang yakin dan tahu bahwa peduli terhadap sesama menjadi kewajiban sebagai umat muslim, salah satunya melalui zakat.

Untuk itu, katanya, cukup banyak muzaki yang menyalurkan zakat melalui Baznas.

Gubernur Herman menilai Baznas kekuatan yang muncul melalui kepercayaan masyarakat.

Untuk itu, dia mengharapkan Baznas Sumsel dapat terus transparan dalam melaksanakan programnya.

"Saya senang Baznas Sumsel ini ternyata Baznas yang dipercaya masyarakat. Ini penting, karena kepercayaan itu modal utama dan terus saya ingatkan agar Baznas Sumsel selalu akuntabel," katanya.

Baca juga: Kabupaten OKU bedah ratusan rumah tak layak huni

Baca juga: Ratusan rumah di OKU tak layak huni


Ketua Baznas Provinsi Sumsel Najib Haitami mengatakan, Baznas merupakan instansi pemerintah nonstruktural.

Beberapa program Baznas Sumsel yang digulirkan di antarannya Sumsel Sehat, Sumsel Cerdas, Sumsel Makmur membantu permodalan usaha.

Selain itu, Sumsel Taqwa berbentuk kegiatan keagamaan seperti bantuan kepada masjid dan Sumsel Peduli seperti kegiatan bedah rumah yang dilaksanakan itu.

Sebenarnya, katanya, ada beberapa rumah yang diusulkan untuk dilakukan perbaikan. Namun, baru rumah Ustadzah Farida yang memenuhi syarat dan memiliki surat-surat lengkap.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar