Kantor Pos Baturaja salurkan dana BST tahap III

id Pencairan BST tahap III,21.046 KPM, jumlah KPM berkurang, terapkan protokol kesehatan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang

Kantor Pos Baturaja salurkan dana BST  tahap III

Warga Baturaja antre mencairkan BST di Kantor Pos Baturaja. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Kantor Pos Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mulai menyalurkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap III dari pemerintah pusat kepada puluhan ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah setempat.

"Pencairan BST tahap III sudah dimulai sejak Ahad (5/7) kemarin dan ditargetkan rampung pada 15 Juli 2020," kata Kepala Kantor Pos Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Juhen Hendry didampingi Bagian Pemasaran, Donny Farzon di Baturaja, Rabu.

Dia mengemukakan berdasarkan data dari pemerintah sebanyak 21.046 KPM warga Kabupaten OKU yang menerima dana BST tahap III periode Juli 2020.

Baca juga: Pemprov Sumsel bekerja sama PT POS siap salurkan bantuan sosial

Menurut dia, jumlah warga penerima bantuan tersebut berkurang dibandingkan pada pencairan tahap II yaitu sebanyak 21.584 KPM yang menerima dana BST dari Kemensos tersebut.

"Bahkan ditahap I jumlah KPM di OKU yang mencairkan dana BST di Kantor Pos Baturaja tercatat mencapai 23 ribu KPM," kata dia.

Baca juga: Pemkot Palembang gandeng kantor pos buka layanan pembayaran PBB

Dia menjelaskan pengurangan jumlah KPM tersebut selain diduga disebabkan karena terdapat penerima bantuan ganda juga karena terdapat warga yang meninggal dunia atau pindah domisili.

"Pengurangan jumlah KPM ini kemungkinan karena Kementerian Sosial mendeteksi penerima bantuan ganda atau faktor-faktor lain tersebut," katanya.

Adapun besaran bantuan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat terdampak COVID-19 ini yaitu sebesar Rp600.000 untuk setiap KPM per bulan selama tiga bulan sejak April-Juni 2020.

"Untuk proses pencairan BST di Kantor Pos Baturaja sama seperti tahap sebelumnya yaitu warga tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak antre guna mengantisipasi penyebaran virus Corona," ujarnya.*
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar