Kabupaten OKU pastikan persediaan hewan kurban mencukupi

id Disnakan Kabupaten OKU, persediaan hewan kurban, mencukupi jelang lebaran, Idul Adha, pantau kesehatan hewan

Kabupaten  OKU pastikan persediaan hewan kurban mencukupi

Pedagang hewan kurban memberi makan hewan ternak yang akan dijual. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memastikan persediaan hewan untuk kurban mencukupi kebutuhan warga setempat pada Idul Adha 1441 Hijriah.

"Saat pandemi COVID-19 saat ini, kami memastikan ketersediaan hewan kurban mencukupi kebutuhan masyarakat OKU (Ogan Komering Ulu)," kata Kepala Disnakan Ogan Komering Ulu Tri Aprianingsih di Baturaja, Senin (6/7).

Kalaupun ada penurunan atau peningkatan warga yang berkurban, pihaknya memperkirakan jumlahnya kurang lebih sama dengan tahun-tahun sebelumnya dan tidak begitu terpengaruh dengan pandemi.

"Tahun ini besar kemungkinan juga kurang lebih sama," ujar Tri.

Kendati demikian, pihaknya belum dapat memastikan berapa banyak ketersediaan hewan kurban di wilayah setempat.

"Karena kami belum dapat data yang valid dari peternak di OKU terkait berapa banyak persediaan hewan kurban seperti kambing, domba dan sapi yang ada saat ini. Sebab, biasanya hewan kurban masih akan terus bertambah ketersediaannya di tingkat penjual hingga menjelang Idul Ahda nanti," katanya.

Namun, pihaknya tetap memantau kesehatan hewan kurban guna memastikan aman dikonsumsi masyarakat saat Idul Adha mendatang.

"Kami juga terus mengimbàu seluruh penjual hewan kurban supaya memperhatikan kesehatan hewan yang akan dijual. Karena salah satu syarat hewan yang bisa di kurban adalah sehat, gemuk, dan tidak cacat," ujarnya.