Sic Mynded luncurkan album penuh "Jelaga 2020"

id Syc Minded,Indie,band indi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera, ber

Sic Mynded luncurkan album  penuh "Jelaga 2020"

Artwork album "Jelaga 2020". (HO)

Jakarta (ANTARA) - Band industrial asal Jakarta, Syc Mynded, merilis album penuh terbaru mereka berjudul "Jelaga 2020" yang bermaterikan 13 lagu.

Album ini menjagokan single “Jelaga 2020”, “Triggerdance”, “Save Your Kiss” dan juga “Peace Within”, yang sebelumnya sudah sempat diluncurkan secara terpisah di penghujung Februari 2020 lalu.

“Kami di tahun 1999 pernah meluncurkan album berjudul ‘Jelaga’ dan sempat mendapatkan nominasi AMI Awards di tahun yang sama," kata Oddie, sang vokalis dalam siaran persnya, Selasa.

Baca juga: Aurelie rilis lagu "Kepastian"
Baca juga: Christina Perri rilis lagu "Jar of Hearts" versi akustik


"Di tahun 2020 ini, kami mengambil kesempatan untuk memperkenalkan kembali karya-karya lama yang lalu kami rekam atau di-master ulang sembari melepas beberapa lagu-lagu baru," sambung dia.

Syc Minded didirikan oleh Oddie Octaviadi dan Rudi Soedjarwo di kota San Diego, Amerika Serikat. Band ini pertama kali meluncurkan album di tahun 1995 di Amerika Serikat, dan sempat mengalami hiatus.

Hal itu disebabkan kesibukan Rudi sebagai seorang sutradara dan Oddie dengan pekerjaannya di bidang digital dan komunikasi. Namun Rudi dan Oddie kembali bergabung dan aktif bermusik kembali sejak di akhir 2018 di mana single berjudul “Peace Within” digarap.

“Lagu-lagu Sic Mynded di album baru ini mewakili perjalanan hidup saya untuk menjadi manusia yang lebih baik. Sebagai manusia yang jauh dari kesempurnaan, album ini menggambarkan perjuangan dan seni dalam menghadapi berbagai tantangan hidup terlepas apakah saya sudah berhasil mencapai hal itu atau belum,” ujar Rudi.

Di tahun 2019 pun Sic Mynded mendapatkan anggota-anggota baru yaitu Marcell Siahaan, Gatot Alindo, Aldi Pagaruyung dan Adra Karim yang masing-masing datang membawa keunikan gaya bermusik mereka.

Sementara itu, mayoritas lagu dalam album ini ditulis oleh Oddie dan Rudi, sedangkan proses aransemen dan rekam ulang beberapa lagu lama diproduseri oleh Marcell Siahaan.

“Album Jelaga 2020 adalah pencapaian dari suatu perjalanan spiritual memaknai hidup apa adanya, tanpa harus selalu terlihat dalam 'bungkus' dan 'kosmetika' positif dan relijius," kata Marcell Siahaan.

Album “Jelaga 2020” dapat didengarkan melalui layanan musik digital. Tak hanya itu,Sic Mynded pun berencana akan melepas album fisiknya di akhir bulan Juli. Rilisan fisik ini nantinya akan memuat beberapa lagu tambahan yang tidak dirilis secara digital.