Ferrari berharap Sirkuit Mugello tuan rumah balapan ke-1000 mereka di F1

id formula1,formula one,sirkuit mugello,f1,tuan rumah f1,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palemb

Ferrari berharap Sirkuit Mugello tuan rumah balapan ke-1000 mereka di F1

Pebalap tim Ferrari Charles Leclerc menjalani sesi latihan bebas di Red Bull Ring, Austria, Jumat (3/7/2020). ANTARA/Pool via Reuters/Joe Klamar.

Jakarta (ANTARA) - Ferrari berharap Sirkuit Mugello bisa menjadi tuan rumah Grand Prix ke-1000 tim asal Italia itu, demikian kepala tim Mattia Binotto di sela-sela sesi latihan bebas Grand Prix Austria, Jumat.

Formula 1 sejauh ini baru merilis delapan seri awal di kalender revisi mereka dengan seri pembuka di Red Bull Ring, Austria, dan diharapkan merilis versi lengkapnya dalam beberapa hari atau pekan mendatang.

Seri tambahan itu diperkirakan akan melibatkan sejumlah sirkuit yang tidak biasanya termasuk di kalender karena dampak pandemi COVID-19 yang telah menyebabkan sejumlah penyelenggara batal menjadi tuan rumah tahun ini.

Mugello, yang dimiliki oleh Ferrari, dan Sirkuit Portimao di Portugal menjadi beberapa kandidat untuk menggelar balapan F1 tahun ini.

Baca juga: Setelah empat bulan vakum, F1 restart akhir pekan ini

"Saya bisa mengonfirmasi jika kami sedang membahasnya dengan F1," kata Binotto di sesi konferensi video di Austria, seperti dikutip Reuters.

"Harapan kami adalah benar-benar membawa F1 ke Mugello, kami yakin Mugello adalah sirkuit yang hebat bukan hanya dari sisi keberlanjutan tapi juga untuk para pebalap.

"Saya rasa akan menarik balapan di sana. Dan potensi menggelar balapan ke-1000 kami di Italia dan Mugello, sirkuit milik kami sendiri, akan sangat luar biasa.

Mobil Ferrari tahun ini pun diberi nama SF1000 untuk menandai capaian tersebut.

Tujuan mereka kini adalah untuk menggelar balapan segera setelah Grand Prix Italia di Monza pada September, seri terakhir dari delapan yang telah diumumkan yang akan menjadi balapan ke-999 Ferrari.

Baca juga: Sejumlah rekor F1 yang bisa dipecahkan Hamilton tahun ini

Sejumlah balapan awal dilaksanakan dengan prosedur kesehatan ketat dan tanpa penonton untuk mencegah penyebaran virus corona, tapi Binotto mengungkapkan kemungkinan sejumlah fan bisa hadir di sirkuit nantinya.

Mugello rutin masuk di kalender MotoGP sejak 1994 dan sejumlah ajang balap continental GT namun belum pernah menggelar balapan F1 sebelumnya.

Sirkuit itu pernah sekali kedatangan rombongan F1 sebagai venue tes tengah musim pada 2012 di mana sejumlah pebalap sangat terkesan dengan sirkuit sepanjang 5,2km itu, Sebastian Vettel salah satunya.

Pekan lalu Vettel dan rekan satu timnya, Charles Leclerc juga sempat menjalani sesi tes privat Ferrari di Mugello sebagai persiapan jelang seri pembuka musim ini.

Ferrari merupakan tim tertua di F1 dan tak pernah absen dari kompetisi sejak musim pertama kejuaraan pada 1950, kendati beberapa kali tidak turun di Grand Prix karena berbagai alasan mulai dari soal uang, mogok kerja, pebalap gagal start hingga peristiwa tragis.

Sementara F1 menandai balapan ke-1000 kejuaraan itu di China, April tahun lalu.

Baca juga: Pernyataan F1 tentang komentar berbau rasisme Ecclestone
Baca juga: Lewis Hamilton bayangkan balapan F1 sunyi tanpa penonton