Penyaluran BLT Dana Desa pada 91 desa di OKU rampung

id Penyaluran BLT DD, Ogan Komering Ulu, 91 desa rampung, 52 desa terlambat

Penyaluran BLT Dana Desa pada 91 desa di OKU rampung

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten OKU, Ahmad Firdaus. (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 91 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sudah menyelesaikan pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa selama tiga bulan sejak April hingga Juni 2020.

"Penyaluran dana BLT Dana Desa dari 143 desa yang ada di OKU, 91 di antaranya sudah rampung," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ogan Komering Ulu (OKU), Ahmad Firdaus di Baturaja, Senin.

Sedangkan,  52 desa lainnya masih dalam proses karena terjadi keterlambatan dalam pengajuan proses pencairan tahap pertama. 

“Ada kententuan baru dari pusat sehingga 52 desa yang terlambat ini harus menyesuaikan dengan aturan baru,” jelasnya.

Menurut dia, sebelumnya pencarian dana desa dilakukan dalam tiga tahap yakni tahap pertama masing-masing 40 persen dan sisanya dicairkan pada tahap ketiga atau periode Juni 2020.

“Namun karena pandemi COVID-19 ini timbul aturan baru yaitu 40 persen tahap pertama dicairkan menjadi tiga kali setiap kali pembagian dana BLT ” katanya.

Ke depan lanjut dia, sesuai aturan baru BLT ini akan diperpanjang berdasarkan PMK Nomor 50 tertanggal 20 Mei 2020 yang mengatur BLT Dana Desa ditambah tiga bulan yakni periode Juli-September 2020.

"Sesuai ketentuan baru dari pemerintah pusat, besaran yang diberikan untuk BLT Dana Desa berubah. Jika sebelumnya besaran BLT Rp600.000/bulan/KK, untuk bantuan periode Juli hingga September 2020 besarannya menjadi Rp300.000/bulan untuk setiap kepala keluarga,” ujarnya.