MUI Sumsel dukung program rumah "tahfidz" lahirkan generasi cinta Al-Quran

id MUI, gubernur, rumah tahfidz, masyarakat,sumsel,info sumsel,program satu desa satu rumah tahfiz

MUI Sumsel dukung program rumah "tahfidz" lahirkan generasi cinta Al-Quran

Gubernur Sumsel Herman Deru (paling kiri) saat menerima pengurus MUI Sumsel. (ANTARA/HO -Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia Sumatera Selatan (MUI Sumsel) mendukung program "rumah tahfidz" untuk melahirkan generasi cinta Al-Quran karena bermanfaat bagi masyarakat termasuk program yang digagas Gubernur Sumsel Herman Deru yakni "Satu Desa Satu Rumah Tahfidz".

"Kami sangat mendukung program Gubernur Sumsel Herman Deru terkait pembinaan agama dan pengembangan 'rumah tahfidz' ini," kata Ketua MUI Sumsel Prof KH Aflatun Muchtar, MA di Palembang, Kamis

"Program rumah tahfidz mendapat sambutan dari masyarakat. Kami sangat mendukung dan siap membantu dalam pengembangan 'rumah tahfidz'," tambahnya.

Ia mengatakan dengan adanya "rumah tahfidz" maka pembinaan agama lebih maksimal, karena itu garda terdepan bagi umat Islam untuk membentuk eksistensi, punya moralitas dan integritas.

Menurut dia, bahkan dengan adanya "rumah tahfidz" masyarakat makin banyak yang hapal akan Kitab Suci Al Quran.

Namun, kata dia, diharapkan tujuan program bukan hanya hapal saja,  tetapi mereka juga mengerti isi dan arti yang terkandung dalam Al Quran itu.

"Karena itu, program gubernur mengenai 'Satu Desa Satu Rumah Tahfidz' harus disukseskan bersama," kata Aflatun Muchtar .

Sebelumnya Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan "rumah tahfidz" telah ada sejak dahulu. Selaku gubernur dirinya berkomitmen dan berinisiatif untuk mencetuskan hal tersebut agar dapat dicanangkan di Sumsel.

Bahkan hal tersebut juga disambut sangat baik oleh para ustadz atau kyai dan juga masyarakat.

Namun hal tersebut juga makin menyadarkan dirinya bahwa hal tersebut juga pengaruhnya menjadi lebih meluas jika "umaro" yang menggerakkannya.

"Saya juga minta agar para kyai dapat membawa ini ke kabupaten kota atau dalam seminar-seminar nasional karena umaro adalah trend center," katanya.

Gubernur juga akan mendukung berbagai program dari MUI yang juga akan membawa kebaikan dan manfaat bagi masyarakat.

Bahkan Pemprov Sumsel juga akan memfasilitasi pembangunan kantor MUI Sumsel, demikian Herman Deru.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar