Aston Martin uji sepeda motor AMB 001 sebelum dijual kepasaran

id amb 001,astin martin,motor aston martin,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembata

Aston Martin uji sepeda motor AMB 001 sebelum dijual kepasaran

Aston Martin AMB 001 (ANTARA/Aston Martin)

Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil mewah Inggris, Aston Martin memulai pengujian sepeda motor pertama mereka, AMB 001 yang menurut rencana akan dikirimkan kepada konsumen pada akhir tahun 2020.

Tunggangan bernama lengkap "AMB 001 by Aston Martin and Brough Superior" merupakan sepeda motor berperforma tinggi edisi terbatas, yang baru-baru ini menjalankan program pengujian di Pau-Arnos, Prancis.

Wakil Presiden Eksekutif dan Chief Creative Officer Aston Martin, Marek Reichman mengungkapkan bahwa sepeda motor itu dirancang layaknya sebuah mobil.

"Kami sangat senang melihat beberapa banyak kemajuan yang telah dibuat, baik di dalam maupun di luar, dan kami menantikan saat ketika produksi dimulai untuk mesin yang menakjubkan ini," ungkap Marek Reichman dalam laman resmi Aston Martin, Rabu (24/6).

Baca juga: Tidak ingin tertinggal, Andre habiskan Rp55 juta untuk motor Vespanya
Baca juga: Tak ada slot "wildcard" untuk Jorge Lorenzo musim ini


Pengujian prototipe sepeda motor itu adalah bagian terpenting dari proses pengembangan, karena pada saat proses pengujian tim dapat memvalidasi geometris sasis maupun ergonomi berkendara.

Setelah pengujian, pengendara Brough Superior akan memberikan masukan pada seluruh bidang kinerja motor, dengan hal utama meliputi keseimbangan di tikungan, pengereman, dan akselerasi.

AMB 001 memakai mesin V-twin turbocharged dengan output 180 hp. Paket turbo termasuk intercooler, dengan intake manifold yang mencolok juga dipasangkan pada motor itu.

CEO Brough Superior, Thierry Henriette mengatakan salah satu desain menonjol AMB 001 adalah sirip aluminium di sepanjang tangki.

Setelah proses pengujian selesai, AMB 001 akan memasuki proses produksi di pabrik Brough Superior, Toulouse, Prancis. Motor itu hanya diproduksi 100 unit saja.

Sepeda motor eksklusif itu dihargai 108.000 euro (setara dengan Rp1,725 miliar).

Baca juga: Lelang di konser Bimbo, sepeda motor listrik bertanda tangan Jokowi laku Rp2.5 miliar
Baca juga: Ular sanca sepanjang tiga meter ditemukan dalam gerobak motor