Sumsel dukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia

id sumsel,info sumsel,berita sumsel,gubernur sumsel,gerakan nasional,umkm

Sumsel dukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia

Gubernur Sumsel Herman Deru (ketiga dari kiri) mencoba pakaian produk UMKM di salah satu pameran UMKM di Sumsel (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendukung sepenuhnya program gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

"Dalam upaya mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia itu Gubernur Sumsel Herman Deru rutin mempromosikan produk UMKM," kata Asisten Adimistrasi dan Umum Sekda Sumsel Edward Juliartha di Palembang, Rabu.

Bahkan gubernur telah mengendorse ratusan produk UMKM secara gratis dalam upaya cinta produk dalam negeri tersebut, lanjutnya, dengan rutin melakukan promosi produk UMKM sehingga Sumsel masuk 10 besar provinsi trend positif Onboarding UMKM.

Menurut dia, dari data Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Sumsel masuk dalam 10 besar Provinsi Trend Positif Onboarding UMKM.

Selain itu gubernur rutin memotivasi orang untuk mencoba menikmati ragam kuliner temasuk juga telah meningkatkan keinginan masyarakat untuk menggeliatkan UMKM dengan produk yang makin beragam.

Bukan itu saja tetapi berbagai upaya telah dilakukan Pemprov Sumsel dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia diantaranya melalui surat edaran Gubernur Sumsel kepada seluruh instansi untuk memakai produk sandang khas Sumsel.

Selain itu melakukan sosialisasi agar IKM berpartisipasi pada website www.esmartikm.id, mendasilitasi pendaftaran merek dagang, dan berbagai upaya lainnya, ujar dia.

Selain itu pihaknya mendukung dan mendorong UMKM masuk ke platform digital melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan oleh Presiden RI pada 14 Mei 2020 lalu.

Memang dalam mendukung semua itu perlu adanya kerja sama dengan semua pihak sehingga produk dalam negeri semakin diminati, tambah dia.