Kegiatan TMMD Kabupaten Ogan Ilir bantu warga bangun jalan di kawasan rawa

id TMMD, alat berat, rawa, jalan

Kegiatan TMMD Kabupaten Ogan Ilir bantu warga bangun jalan di kawasan rawa

Alat berat yang digunakan pada kegiatan TMMD di Ogan Ilir, Sumsel. (ANTAR/HO - Penrem/20)

Palembang (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa di Desa Sarang Lang, Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, membangun jalan penghubung yang mayoritas berada di daerah rawa.

"Kondisi medan pembuatan jalan yang mayoritas lahan rawa serta cuaca sering turun hujan sehingga perlu fasilitas alat berat," kata Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni yang diwakili Pasiter Kodim Kapten Inf Jauhari di Kayuagung, Rabu.

Oleh karena itu Satgas Pra TMMD Reguler ke-108 Kodim 0402/OKI mendatangkan beberapa alat berat seperti eksavator, gleder dan pibro ke lokasi.

Sarana dan prasarana khususnya alat berat itu memang sangat dibutuhkan guna mendukung pelaksanaan TMMD reguler ke-108 karena medannya cukup berat.

Menurut dia, untuk pembuatan jalan penghubung saja sepanjang 1,8 kilometer dimana lokasi tersebut mayoritas lahan rawa sehingga alat berat sanggat dibutuhkan.

Menurut dia, alat berat itu perlu didatangkan agar pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan secara manual dapat dilaksanakan sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih optimal.

Selain itu juga waktu lebih singkat dan dapat menghemat biaya, ujar dia.

Namun, lanjut dia, walaupun banyak terdapat lokasi rawa pihaknya merasa optimistis TMMD akan selesai sesuai jadwal.

"Apalagi dengan partisipasi warga yang antusias kami yakin kegiatan dari awal hingga selesai akan berjalan dengan lancar”, ujar Pasiter.

Adapun sasaran utama kegiatan fisik TMMD ke-108 TA 2020 Kodim 0402/OKI yaitu pembuatan jalan penghubung antara Desa Sarang Lang dengan Desa Pulau Negara di Kecamatan Pemulutan Barat Ogan Ilir sepanjang 1,8 kilometer dan beberapa gorong-gorong.

Kodim 0402/OKI membawahi dua kabupaten yakni Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir, Sumsel.