Herman Deru pantau penerapan protokol kesehatan di Masjid Agung Palembang

id masjid agung palembang,gubernur sumsel,herman deru,protokol kesehatan masjid agung,masjid agung sultan mahmud badaruddin ii

Herman Deru pantau penerapan protokol kesehatan di Masjid Agung Palembang

Satgas periksa kondisi tubuh Gubernur Sumsel Herman Deru saat hendak memasuki Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo (ANTARA/HO-Humas Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memantau penerapan protokol kesehatan di Masjid Agung Palembang menghadapi normal baru.

Herman Deru  saat memantau protokol kesehatan tersebut, Senin, juga melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel itu.

Dia mengajak masyarakat mempersiapkan diri menyongsong new normal dimana rumah ibadah telah dibuka kembali, kata gubernur usai memantau protokol kesehatan COVID-19.

Menurut dia, tidak hanya di Masjid, di berbagai tempat ibadah lainnya masyarakat tetap diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah.

"Silahkan beribadah di masjid tetapi pakai masker, jaga jarak. Tetap patuhi protokol kesehatan. Bukan hanya di masjid namun tempat ibadah lain juga protokol kesehatan harus tetap diterapkan," ujar dia.

Jadi dalam shalat berjamaah termasuk di masjid masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan corona untuk memutus mata rantai corona.

Baca juga: Masjid Agung Palembang laksanakan sholat zuhur berjamaah, Kemenag sebut tak pernah tutup masjid

Gubernur kembali mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan utamanya bagi umat Islam yang menunaikan solat berjemaah di masjid dan mushola.

Demikian juga umat agama lainnya ketika beribadah di rumah ibadah masing masing protokol kesehatan harus diutamakan.

Itu penting karena hal tersebut sebagai upaya memutus mata rantai paparan COVID -19 yang penyebarannya tidak dapat diprediksi.

Dalam kunjungan ke Masjid Agung tersebut, gubernur melihat langsung poster himbauan memakai masker, kemudian penempatan physical distancing bagi jamaah. Ia juga sempat mengunjungi beberapa ruangan di dalam masjid seperti sekretariat Ikatan Remaja Masjid (Irma) hingga ke kantor Pengurus Yayasan Masjid Agung Palembang yang ada di sisi Masjid.

Baca juga: Masjid di Baturaja akan dibuka untuk ibadah

"Nah bacalah himbauan ini. Siapo jemaah yang tidak pakai masker dilarang masuk ke dalam masjid," ujarnya seraya menunjuk poster yang ada di pintu masuk.

Gubernur juga sempat melihat langsung bedug pertama yang dimiliki masjid kebanggaan masyarakat Sumsel dan mengecek perbaikan bedug yang sempat bocor mbeberapa waktu lalu. Sebelum masuk ke ruang utama Masjid untuk shalat, Herman Deru juga menjalani serangkaian pemeriksaan protokol kesehatan seperti jamaah lainnya.

Selain diperiksa suhu tubuh dengan thermal gun, gubernur juga tampak melewati bilik disinfektan.