Kapolda Sumsel wajibkan anggota menerapkan ini di tengah pandemi COVID-19

id polda, kapolda susmel, protokol kesehatan bagi anggota polri, polda susmel terapkan 13 protokol kesehatan lindungi perso

Kapolda Sumsel wajibkan anggota menerapkan ini di tengah pandemi COVID-19

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Seatan, Irjen Pol Eko Indra Heri S mengingatkan kepada seluruh anggota di jajarannya wajib menerapkan 13 protokol kesehatan. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Irjen Pol Eko Indra Heri S mengingatkan kepada seluruh anggota di jajarannya wajib menerapkan 13 protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas melayani dan melindungi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Penerapan protokol kesehatan perlu dilakukan dengan kedisiplinan yang tinggi karena anggota memiliki risiko tinggi tertular virus Corona ketika melayani masyarakat yang berasal dari berbagai daerah bahkan zona merah, kata Kapolda Irjen Pol Eko pada apel pagi di Mapolda, Palembang, Senin.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko mengatakan, pada kesempatan apel hari ini diingatkan kembali kepada seluruh personel satker/satwil untuk mematuhi 13 protokol kesehatan sebagai acuan guna menjaga kebersihan dan kesehatan diri agar tidak terpapar COVID-19.

Ke-13 protokol kesehatan yang wajib dipatuhi itu yakni Pastikan aparat dalam kondisi sehat sebelum bertugas di lapangan.

Kemudian Gunakan pakaian kerja saat bertugas, dengan baju berlengan panjang, wajib menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan, Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan penyanitasi tangan (hand sanitizer).

Baca juga: Polda Sumsel tingkatkan stamina personel bertugas antisipasi COVID-19

Hindari tangan menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut, Tetap memperhatikan jarak (physical distancing) minimal satu meter saat berhadapan dengan masyarakat atau rekan kerja pada saat bertugas, Kontak fisik aparat dengan dengan masyarakat agar melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan penyanitasi tangan.

Terapkan waktu kerja delapan jam sehari atau maksimal 12 jam per hari, 40 jam seminggu, Saat pulang bertugas, jangan langsung bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri (mandi dan ganti pakaian kerja).

Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi gizi seimbang, melakukan aktivitas fisik setiap hari selama 30 menit sehari, serta istirahat cukup, bila perlu mengonsumsi suplemen tambahan vitamin C.

Lakukan pemantauan kesehatan secara berkala, termasuk pemeriksaan rapid test COVID-19 atau sesuai indikasi medis, dan Pastikan kendaraan operasional yang digunakan dibersihkan secara berkala dengan disinfektan.

Baca juga: Polda Sumsel luncurkan program Selasa-Jumat berbagi bantu masyarakat

Setiap aparat yang tidak masuk kerja karena sakit dengan gejala demam/batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak napas, wajib melaporkan kepada bagian kepegawaian/petugas kesehatan/fasilitas pelayanan kesehatan setempat, dan dilakukan pemantauan terkait hubungannya dengan kriteria COVID-19 ODP, PDP, dan positif COVID-19.

Sementara untuk meningkatkan stamina personel yang bertugas di tengah pandemik COVID-19 sebagai tindakan antisipasi terinfeksi virus tersebut pihaknya memberikan bantuan masker dan vitamin/suplemen kesehatan secara rutin.

Dengan masker dan vitamin yang digunakan setiap bertugas diharapkan bisa melindungi personel dari virus Corona jenis baru itu sehingga dapat menjalankan tugas dengan prima dalam melayani dan melindungi masyarakat.

Baca juga: Polda Sumsel musnahkan sabu-sabu 2,06 Kg dan ratusan butir pil ekstasi

Personel Polda Sumsel di masa pandemi kCOVID-19 memiliki tugas yang lebih berat dibandingkan dalam kondisi normal sebelumnya.

Selain melindungi masyarakat dari berbagai tindak kejahatan juga bertugas melindungi dari penularan COVID-19 yang jumlah kasusnya terus meningkat.

Tuntutan tugas yang cukup berat itu memerlukan stamina yang kuat, untuk itu pihaknya meminta kepada seluruh personel di tingkat Polda dan jajaran Polres/Polrestabes untuk menjaga kesehatan, mengikuti protokol kesehatan dan selalu menggunakan alat pelindung diri ketika bertugas, kata kapolda.