Gubernur Sumsel harapkan jamaah calon haji besabar menyusul pembatalan tahun ini

id pembatalan haji,gubernur sumsel minta haji bersabar,jemaah calon haji,haji,asrama haji,manasik haji,pemberangkatan haji batal,kemenag batalkan pembera

Gubernur Sumsel harapkan jamaah calon haji besabar menyusul pembatalan tahun ini

Gubernur Sumsel Herman Deru (ANTAR/HO - Humas Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengharapkan agar para jamaah calon haji provinsi itu bersabar dengan adanya pembatalan pemberangkatan tahun ini.

"Pembatalan pembarangkatan itu karena saat ini masih adanya paparan COVID -19," kata gubernur ketika ditanya wartawan di Palembang, Selasa.

Dengan adanya paparan corona yang melanda seluruh dunia sehingga Kementerian Agama RI membatalkan pemberangkatan untuk jamaah calon haji di Indonesia, termasuk dari Sumsel.

Memang, lanjut gubernur, ibadah haji tersebut sebagai pangggilan dari Allah SWT sehingga calon jamaah harus berserah diri dan sabar dengan adanya pembatalan tersebut.

Mudah-mudahan tahun depan jamaah yang tertunda tersebut akan berangkat sehingga itu harus diambil hikmahnya.

Oleh karena itu gubernur mengharapkan semua jamaah yang tertunda pemberangkatan harus bersabar dan ambil hikmah di balik penundaan tersebut.

Sementara Plt Karo Kesra Setda Sumsel M Iqbal Alisyahbana mengatakan, memang untuk pemberangkatan haji wewenang pusat dan daerah hanya menyiapkan sarana dan fasilitas yang dibutuhkan.

Daerah, katanya, antara lain membantu transportasi dan panitia pemberangkatan jamaah calon haji tersebut.

Sementara itu, sebelumnya Kakanwil Kemenag Sumsel melalui Kasubag Humas Saefudin Latief mengatakan, semua jamaah calon haji daerah itu siap berangkat dan mereka telah melunasi BPIH.

Bahkan mereka sudah melaksanakan manasik, baik melalui jaringan dalam kesiapan pemberangkatan tersebut.

Akan tetapi, karena pemerintah pusat menyatakan menunda pemberangkatan sehingga mereka akan berangkat pada musim haji 2021.

Berdasarkan data jamaah calon haji Sumsel yang siap berangkat tahun ini lebih dari 6.000 orang yang berasal dari kabupaten dan kota.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar