Bamsot: Donasi dari konser amal virtual mulai sampai ke masyarakat

id Konser amal virtual,donasi mulai sampai,Bamsoet,Andy F. Noya

Bamsot: Donasi dari konser amal virtual mulai sampai ke masyarakat

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan keterangan pers terkait konser amal virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo", di Graha BNPB, Jakarta (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan hasil donasi dari penyelenggaraan konser amal virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" yang masuk melalui benihbaik.com sudah mulai disampaikan ke berbagai kelompok masyarakat.

Selain untuk seniman, pekerja seni maupun pekerja panggung, melalui Yayasan Generasi Lintas Budaya, donasi yang terkumpul juga disalurkan untuk berbagai kelompok pekerja informal yang terkena dampak pandemik COVID-19.

"Dalam penyaluran hasil donasi dilibatkan organisasi massa (ormas). Pelibatan ormas sebagai penyalur bantuan sangat penting, karena mereka lebih mengetahui secara rinci siapa saja di masyarakat yang membutuhkan bantuan. Gerak dan peran ormas di masyarakat juga membuat penyaluran bantuan menjadi lebih mudah tepat guna dan tepat sasaran," ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa.

Mantan Ketua DPR RI itu kembali mengajak masyarakat untuk tetap saling bergotong royong menghadapi pandemik COVID-19 yang tak jelas kapan berakhirnya.

Menurut Bamsoet, gotong royong bisa dimulai dari cakupan terkecil dengan saling menjaga tetangga dan memastikan di lingkungan sekitar tempat tinggal tidak ada yang kelaparan ataupun menderita akibat pandemik COVID-19.

"Gotong royong sesama warga adalah salah satu tumpuan bangsa kita tetap kuat menghadapi pandemik COVID-19. Dari gotong royong lah kita bisa punya harapan besar bangsa ini tak menderita terlalu dalam akibat pandemik COVID-19," tutur Bamsoet.

Sementara itu, pendiri benihbaik.com Andy F. Noya menuturkan dari total donasi yang masuk melalui benihbaik.com sebesar Rp745.078.584 telah disalurkan 1.080 paket sembako.

Bantuan paket sembako tersebut dibagikan melalui Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah dan Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama.

Sedangkan dari total sementara donasi yang terkumpul melalui kitabisa.com sudah mencapai Rp4.243.310.050 dari target Rp5 miliar pada akhir bulan Juni 2020 itu.

"Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah membagikan 500 paket sembako masing-masing senilai Rp180 ribu/paket di Bogor, Bekasi dan Jakarta Utara pada 28-29 Mei 2020. Sementara Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama membagikan 580 paket sembako masing-masing senilai Rp155 ribu di Jakarta Timur dan Jakarta Barat pada 30 Mei 2020," ujar Andy.

Selain dua organisasi muslim di Indonesia, Andy menambahkan, donasi akan didistribusikan melalui Gereja Santo Petrus Kanisius Wonosari. Gereja itu mendistribusikan 550 paket sembako senilai Rp 100 ribu/paket.

Rencananya paket sembako diberikan kepada keluarga pra-sejahtera, pekerja informal, anak yatim dan kaum dhuafa di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul pada tanggal 3 Juni 2020.

Terakhir, sekitar 215 seniman di Jabodetabek, Medan dan Mataram melalui Komunitas Generasi Lintas Budaya juga akan menerima donasi yang dihasilkan dari konser amal virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo".

"Seperti tujuan awal, konser amal virtual 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo' digelar sebagai penguatan masyarakat dalam menghadapi COVID-19. Konser ini diharapkan mempersatukan bangsa melawan COVID-19 melalui pendekatan budaya. Maka dari itu, benihbaik.com sebagai penyalur donasi menggandeng beberapa organisasi di Tanah Air untuk mendistribusikan sumbangan masyarakat pemirsa konser ini," tutur Andy.