Kodam II Sriwijaya terima bantuan APD tenaga medis dari Mabes TNI AD

id kodam II Sriwijaya terima apd, kodam ii,apd bantuan mabesad diterima kodam ii,apb tiba di kodam ii,covid-19,virus corona,info sumsel,apd tenaga keseha

Kodam II Sriwijaya terima bantuan APD tenaga medis dari Mabes TNI AD

Bantuan APD tenaga medis dari Mabesad tiba di Kodam II Sriwijaya (ANTARA/HO-Pendam)

Palembang (ANTARA) - Kodam II/Sriwijaya kembali menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Markas Besar TNI Angkatan Darat untuk para tenaga medis di wilayah kerja Sumatera Bagian Selatan.

Bantuan tersebut merupakan kesekian kalinya yang didistribusikan Mabesad diperuntukkan bagi tenaga medis yang bertugas di 68 Rumah Sakit TNI AD, kata Kapendam II/Sriwijaya Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan di Palembang, Jumat.

Hal ini karena Kodam II/Sriwijaya memiliki Rumah Sakit rujukan yang ditunjuk pemerintah untuk membantu penanganan pasien positif Virus COVID -19 yang tersebar di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

“Kodam II/Sriwijaya menerima bantuan APD tambahan untuk masing-masing Rumah Sakit sebanyak 6 koli untuk penanganan virus corona. Bantuan APD ini diberikan kepada RS milik TNI AD yang berada di wilayah Kodam II/Sriwijaya," kata Kependam.

Sesuai rencana, TNI AD akan terus berusaha menambah bantuan APD ini ke RS milik jajaran TNI AD sesuai tingkat urgensinya di masing-masing wilayah.

Baca juga: Prajurit Kodam II Sriwijaya perketat penjagaan pos PSBB

Baca juga: Tenaga Kesehatan merawat pasien COVID-19 di Sumsel dapat insentif Rp5 hingga Rp15 juta


Sementara untuk Rumkit TK. IV. 02.07.04 Bandar Lampung sendiri, sudah lebih dahulu menerima APD tersebut.

Bantuan yang diterima masing-masing Rumah Sakit Tentara (RST) di wilayah Kodam II/Swj tersebut antara lain berupa Rapid Test Anti Body 125 unit, Swab Kits dan VTM 500 unit, Coverall APD (bahan PVC) 200 buah, Coverall APD (Hazmat Non Isolasi) 100 buah, Cover Sepatu 100 pasang, Goggle (kacamata) 100 buah, Masker KN 95 100 buah dan Vitamin C (Hevit C) 100 Butir.

Menurut dia, bantuan diterima langsung Kesdam II/Sriwijaya akan digunakan untuk penanganan pasien COVID-19 di sejumlah Rumah Sakit Tentara rujukan penanganan corona di jajaran Kodam II/Sriwijaya.

Adapun Rumah Sakit Tentara yang dimaksud di antaranya adalah Rumkit TK. II 02.05.01 Dr.AK. Gani Palembang, Rumkit TK IV. Dr. Bratanata Jambi, Rumkit TK IV .02.07.04 Bandar Lampung, Rumkit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Bengkulu, Rumkit IV Dr. Nusmir Batu Raja dan Rumkit IV. 02.07.02 Lahat.

Dengan diterimanya bantuan ini diharapkan dapat mendukung kesiapan Kodam II Sriwijaya dalam upaya membantu pemerintah daerah melakukan penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19, ujar dia.

Dia mengatakan para tenaga medis yang terlibat penanganan pasien corona di Rumah Sakit Daerah menjadi garda terdepan yang menangani masalah tersebut, harus mendapat perlindungan optimal dengan adanya alat pelindung diri yang telah dikirim Mabesad.

Pada kesempatan tersebut pihaknya berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan jangan panik dengan merebaknya virus COVID -19.

Yang terpenting patuhi himbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun, gunakan masker bila di tempat umun dan disiplin melakukan Social Distancing guna memutus penyebaran COVID-19 tersebut, kata dia.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar