Persediaan pupuk bersubsidi di OKU mencukupi

id Stok pupuk aman, antisipasi kelangkaan pupuk, Dinas Pertanian OKU, tinjau kios distributor, petani mulai panen, tanaman

Persediaan pupuk bersubsidi di OKU mencukupi

Tanaman padi sawah memasuki musim panen. (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Ahmad Tarmizi memastikan persediaan pupuk bersubsidi di wilayah ini mencukupi kebutuhan petani hingga musim tanam  Juni 2020.

"Berdasarkan hasil pantauan, persediaan pupuk mencukupi hingga musim tanam tanaman padi dan jagung nanti," kata Ahmad Tarmizi sekaligus Ketua Tim Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Ogan Komering Ulu (OKU) di Baturaja, Kamis.


Dia mengatakan, belum lama ini pihaknya sudah meninjau sejumlah kios distributor di wilayah setempat guna mengantisipasi kelangkaan pupuk menjelang musim tanam.

Berdasarkan hasil pantauan di sejumlah kios distributor pupuk di wilayah Kecamatan Baturaja Timur persediaan pupuk jenis Urea, ZA dan SP36 mencukupi kebutuhan petani di wilayah setempat.

"Sejauh ini hanya pupuk jenis ponska yang tersedia tinggal 2 ton lagi di kios Nadia Tani," katanya.

Namun, kata dia, salah satu kios penyuplai pupuk di wilayah Kecamatan Baturaja Timur tersebut dalam waktu dekat ini akan mendapatkan suplai dari distributor di Palembang.

"Jadi para petani tidak perlu khawatir untuk mendapat pupuk bersubsidi karena stoknya banyak," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian OKU, Joni Saihu menambahkan saat ini ribuan hektare tanaman Palawija jagung dan padi di wilayah setempat sudah mulai dipanen oleh petani dan akan dilanjutkan pada musim tanam.

"Menjelang musim tanam tahun ini stok pupuk dipastikan aman sehingga petani tidak perlu khawatir untuk mendapat pupuk bersubsidi," ujar dia.