Bentrok antar-desa di Tapanuli Selatan, lima korban dan satu unit rumah dibakar

id Sat Brimob Polda Sumut,Bentrok di Tapanuli Selatan

Bentrok antar-desa di Tapanuli Selatan, lima korban dan satu unit rumah dibakar

Pascabentrok antar desa di Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sejumlah personel Sat Brimob Polda Sumut disiagakan di lokasi tersebut untuk melakukan pengamanan. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Pascabentrok antar-desa di Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sejumlah personel Sat Brimob Polda Sumut disiagakan di lokasi tersebut untuk melakukan pengamanan.
 
Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sumut Kombes Pol Abu Bakar Tertusi, Rabu (27/5) malam mengatakan, sekitar pukul 19.00 WIB, Batalyon C Sat Brimob Polda Sumut mendapat telpon untuk melakukan bantuan keamanan.
 
"Sebanyak 75 personel dikerahkan untuk BKO. Malam itu, kedua belah pihak dilakukan mediasi di Aula Polsek Batang Angkola," ucapnya.
 
Dari hasil mediasi tersebut, kata Abu Bakar, proses hukum tetap berjalan, kedua belah pihak sepakat untuk berdamai.
 
Mengenai situasi, lanjutnya, hingga Rabu malam terpantau aman. Arus lalu lintas juga sudah kembali normal. "Situasi aman terkendali. Arus lalulintas kembali normal," ujarnya.
 
Sebelumnya, bentrokan yang terjadi bermula dari penembakan dengan menggunakan senjata mainan oleh masyarakat Desa Benteng Huraba kepada pengendara sepeda motor yang melintas di depan Monumen Benteng Huraba.
 
Kemudian warga Kelurahan Pintu Padang yang saat itu melihat lalu menegurnya dan menasihati. Masyarakat Desa Benteng Huraba diduga tidak terima sehingga terjadi pertikaian.
 
Kejadian tersebut pun berujung pada pembakaran satu unit rumah, satu unit sepeda motor dan lima orang menjadi korban.
 
Di mana dari lima orang tersebut, tiga terkena senapan angin dan dua terkena lemparan batu.