Hari ini, ribuan umat Islam di Nagan Raya Aceh dan Pulau Ambon laksanakan Shalat Idul Fitri

id warga aceh dan ambon laksanakan shalat id,sholat idul fitri,pengikut Thariqat Syattariyah,penetapan hari raya idul fitri,warga nagan raya gelar shalat

Hari ini, ribuan umat Islam di Nagan Raya Aceh dan Pulau Ambon laksanakan Shalat Idul Fitri

Ribuan umat Islam melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Komplek Masjid Peuleukung, Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Sabtu (23/5/2020) pagi (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Metode pelaksanaan puasa Ramadhan dan penentuan Hari Raya Idul Fitri, menggunakan metode hisab (hitungan) bilangan lima, sesuai yang tertera dalam kitab
Palembang (ANTARA) - Ribuan umat Islam melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Komplek Masjid Peuleukung, Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh

Umat Islam pengikut Thariqat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Sabtu pagi, sudah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah.

Perayaan tersebut ditandangi dengan pelaksanaan Shalat Id di Komplek Masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

"Alhamdulillah hari ini kita sudah merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah, setelah berpuasa sebulan penuh selama tiga puluh hari," kata cucu kandung Abu Habib Muda Seunagan, Teuku Raja Keumangan, Sabtu.

Menurutnya, pelaksanaan Shalat Id dilakukan setelah umat muslim melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Ia menjelaskan pelaksanaan hari raya ini dilakukan setelah pelaksanaan puasa Ramadhan tuntas dilakukan selama satu bulan penuh, sesuai dengan tuntunan Al Quran dan hadits sahih.

"Metode pelaksanaan puasa Ramadhan dan penentuan Hari Raya Idul Fitri, menggunakan metode hisab (hitungan) bilangan lima, sesuai yang tertera dalam kitab," kata Teuku Raja Keumangan.

Meski dirayakan berbeda, ia berharap perbedaan ini semakin mempersatukan umat muslim di Aceh dan Tanah Air, dalam keberagaman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Sidang Isbat tetapkan Idul Fitri 1441 H pada Minggu 24 Mei 2020

Baca juga: Rukyatul hilal di Sumsel terhalang cuaca buruk


Di Ambon

Sementara warga muslim di sejumlah desa di Kecamatan Leihitu dan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon, sudah merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah pada Sabtu ini.

Berdasar pantauan, Sabtu, warga muslim di Desa Tengahtengah di Kecamatan Salahutu, Desa Wakal, Hila, Kaitetu, Seith, Negeri Lima dan Ureng di Kecamatan Leihitu merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah lebih awal dari yang ditetapkan oleh pemerintah atau Kementerian Agama.

Perayaan Idul Fitri di sana ditandai dengan pelaksanaan Shalat Id berjamaah di masjid-masjid setempat sekitar pukul 07.00 WIT.

Ketujuh desa tersebut diketahui melaksanakan ibadah puasa 1 Ramadhan 1 Syawal 1441 Hijriah bervariasi, tapi merayakan Idul Fitri di hari yang sama.

Warga Desa Tengahtengah dan Wakal misalnya, mereka mulai berpuasa 1 Ramadhan 1441 Hijriah pada 22 April 2020, dan telah melakukan pembayaran zakat fitrah dan zakat mal pada 21 Mei 2020, tapi menunda proses shalat Id yang seharusnya pada 22 Mei 2020 menjadi 23 Mei 2020.

Warga di Desa Kaitetu, Seith, Negeri Lima dan Ureng berpuasa pada 23 April 2020, yang ditandai dengan pelaksanaan Shalat Tarawih perdana 1 Ramadhan 1441 Hijriah pada malam 22 April 2020.

Sedangkan warga Desa Hila memulai puasa pada 24 April 2020 sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama, tapi perayaan Idul Fitri dimajukan sehari lebih awal.

Penetapan Idul Fitri di Desa Hila yang maju sehari secara mendadak diumumkan oleh para penghulu dan pengurus masjid setempat, usai pelaksanaan Shalat Jumat pada 22 April 2020.

Selain Desa Tengahtengah, Wakal, Hila, Kaitetu, Seith, Negeri Lima dan Ureng, warga muslim di desa-desa lainnya di Pulau Ambon dipastikan akan merayakan Idul Fitri pada 24 Mei 2020 sesuai ketetapan Kementerian Agama.

Sementara warga Muslim di Desa Kabauw dan Rohomoni, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah diketahui akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah pada Senin 25 Mei 2020, karena baru berpuasa 1 Ramadhan 1441 Hijriah pada Senin 27 April 2020.

Baca juga: Tim Falaliyah Kemenag tidak beri referensi hilal nampak Jumat petang

Baca juga: Imam Besar Masjid Istiqlal ajak masyarakat shalat Idul Fitri di rumah


 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar