Kapolres imbau masyarakat OKU tidak mudik lebaran

id Pemudik dilarang mudik, antisipasi virus Corona, pos pengamanan, puluhan personel siaga, kendaraan putar arah

Kapolres imbau masyarakat OKU tidak mudik lebaran

Salah satu pos pemantau di pintu masuk Kabupaten OKU di Kelurahan Batukuning. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Kapolres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, AKBP Arif Hidayat Ritonga mengimbau masyarakat khususnya di wilayah setempat untuk tidak mudik lebaran Idul Fiitri 1441 H ke kampung halaman guna mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan peraturan larangan mudik lebaran tahun ini sehingga masyarakat diharapkan mentaati aturan tersebut," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Arif Hidayat Ritonga didampingi Kasat Lantas, AKP Betty Purwanti di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, saat ini pihaknya memperketat penjagaan di pos pemantau jalur mudik di setiap titik perbatasan wilayah Kabupaten OKU guna mengantisipasi adanya pemudik yang pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga.

"Penjagaan dan pengamanan di setiap pos chek point ini melibatkan tim gabungan dari TNI, BPBD, Dishub, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kabupaten OKU," katanya.

Penjagaan di pos pemeriksaan perbatasan Kabupaten OKU ini dilakukan selama 24 jam untuk memantau dan memeriksa setiap kendaraan roda dua maupun empat yang melintas di wilayah setempat menjelang lebaran.

"Dalam operasi chek point ini kami menerjunkan puluhan personel di setiap pos pengamanan untuk memantau sekaligus mencegah pemudik yang mudik lebaran," ujarnya.

Setiap kendaraan pribadi maupun angkutan umum khususnya dari luar daerah yang diduga akan mudik diperiksa dan diminta untuk memutar balik arah agar tidak pulang ke kampung halaman.

Termasuk pengendara yang berdomisili dari luar daerah dilarang melintas dan diminta memutar balik arah kendaraannya guna memutus rantai penyebaran virus Corona.

"Penjagaan di pos pengamana ini akan diperketat hingga H+7 hari raya Idul Fitri nanti," tegasnya.