Polda Sumsel tingkatkan sinergisitas dengan ulama jaga kamtibmas

id sinergisitas dengan ulama, pelihara kamtibmas agat tetap kondusif,polda sumsel

Polda Sumsel tingkatkan sinergisitas dengan ulama jaga kamtibmas

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan berupaya meningkatkan sinergisitas dengan ulama di provinsi setempat untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif.

Untuk meningkatkan sinergisitas itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri melakukan kunjungan bersama Karo Ops Polda, Kombes Pol Djihartono, dan Direktur Binmas Kombes Pol Heru Trisasono ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi setempat di Palembang, Senin.

Kapolda sebagai pejabat baru ketika melakukan silaturahmi dengan Ketua MUI Sumsel, Prof Dr KH. Aflatun Muchtar, Wakil Ketua Prof Dr KH. Romli dan segenap pengurus MUI provinsi setempat berharap sinergi di bidang keagamaan dalam pemeliharaan kamtibmas (Harkamtibmas) antara Polri dan ulama tetap terjalin harmonis.

Kerja sama yang terjalin antara Polda dan MUI di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu sudah terlaksana dengan baik, terbukti dengan situasi di wilayah Sumsel ini zero konflik.

Situasi tersebut tidak terlepas dari peran dan kerja sama yang baik antara MUI dan Polri khususnya Polda Sumatera Selatan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran MUI Sumsel atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini. Sebagai pejabat baru berharap dukungan serta doa dalam menjalankan tugas di provinsi ini," ujar kapolda.

Ketua MUI Sumsel Prof Dr KH. Aflatun Muchtar pada kesempatan itu mengatakan pihaknya mengapresiasi Kapolda Sumsel yang telah menyempatkan diri berkunjung ke kantornya dan bersilaturahmi dengan jajaran pengurus MUI.

Sinergisitas yang telah terjalin degan baik antara MUI dengan jajaran Polda Sunsel di Palembang dan 16 kabupaten/kota lainnya selama ini, perlu ditingkatkan sehingga kondisi kamtibmas yang terpelihara dengan baik selama ini bisa dipertahankan bersama.

Kondisi kamtibmas yang kondusif atau zero konflik tidak mungkin bisa dipertahankan jika ulama, Polri, dan seluruh lapisan masyarakat tidak bersatu, ujar Ketua MUI Sumsel.