Satu dari lima warga OKU Selatan tewas tertimbun longsor ketika memperbaiki turbin, empat luka-luka

id longsor,tanah longsor,tewas tertimbun longsor,warga oku selatan tewas,oku selatan,banjir bandang,hujan lebat,bpbd sumsel,pencarian korban longsor,tims

Satu dari lima warga OKU Selatan tewas tertimbun longsor ketika memperbaiki turbin, empat luka-luka

Lokasi tanah longsor yang merenggut nyawa seorang warga Gunung Gara Kabupaten OKU Selatan, Jumat (15/5) (ANTARA/HO-BPBD Sumsel/20)

Lima orang itu ingin memperbaiki turbin pembangkit listrik yang rusak akibat hujan, namun saat sedang memperbaikinya tanah di sekitar mereka longsor
Palembang (ANTARA) - Seorang warga tewas tertimbun tanah longsor di Desa Gunung Gara Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan dan empat orang lainnya menderita luka-luka, sementara sepekan sebelumnya juga satu warga kabupaten itu mengalami hal yang sama.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori, Jumat, mengatakan longsor terjadi pada Jumat pukul 07.00 WIB diduga dampak intensitas hujan yang meningkat sejak sepekan terakhir.

"Lima orang itu ingin memperbaiki turbin pembangkit listrik yang rusak akibat hujan, namun saat sedang memperbaikinya tanah di sekitar mereka tiba-tiba longsor," ujar dia.

Warga yang meninggal tersebut bernama Warsidani (45), korban tidak mampu menghindari longsoran tanah saat berupaya menyelamatkan diri, sementara keempat rekanya berhasil menyelamatkan diri.

Baca juga: Seorang warga OKU Selatan tewas terkena material longsor, jatuh ke jurang hingga kedalaman 20 meter

Baca juga: Belasan titik longsor di OKU Selatan akibat hujan deras


Proses pencarian Warsidani membutuhkan waktu hingga enam jam karena petugas dibantu masyarakat menggunakan alat seadanya, akhirnya jasad korban berhasil ditemukan pukul 14.00 WIB dengan kondisi penuh luka.

Kemudian warga membawa korban ke rumah duka yang berjarak dua kilometer dari lokasi kejadian untuk selanjutnya dimakamkan.

Sebelumnya seorang warga Desa Gunung Batu Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan juga dilaporkan tewas setelah material tanah longsor hingga membuatnya jatuh ke dalam jurang sedalam 20 meter.

BPBD Sumsel sendiri mencatat telah terjadi belasan titik tanah longsor di beberapa desa sejak sepekan terakhir akibat intensitas hujan lebat yang merata dan bahkan menyebabkan banjir di empat kecamatan.

Baca juga: Gubernur Sumsel turunkan alat berat tangani banjir dan longsor di OKU Timur dan OKU Selatan