BNI siapkan uang tunai Rp10,2 triliun per minggu penuhi kebutuhan Lebaran

id bank bni,uang tunai,uang kebutuhan lebaran,bni salurkan uang lebaran

BNI siapkan uang tunai Rp10,2 triliun per minggu penuhi kebutuhan Lebaran

Ilustrasi: Nasabah bertransaksi melalui ATM Center di Pusat Perbelanjaan SCBD, Jakarta (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/ss/ama/13/)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai senilai Rp10,2 triliun per minggu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Bulan Ramadhan hingga libur Lebaran periode 26 April-23 Mei 2020.

"Jumlah uang tunai tersebut menurun sebesar 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat mencapai rata-rata Rp12,3 triliun per minggu," kata Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI YB Hariantono di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan penurunan penyediaan uang tunai itu sesuai perkiraan kebutuhan uang tunai yang menurun selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah.

Dengan adanya PSBB, banyak fasilitas umum, seperti tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan yang ditutup dan berdampak terhadap aktivitas penarikan uang tunai, salah satunya di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Selain itu kebutuhan uang tunai di gerai BNI juga diperkirakan akan turun sebesar 23 persen yang disebabkan pengalihan operasi gerai sebanyak 30 persen dari total 1.984 outlet per 11 Mei 2020 sebagai bentuk upaya menekan penyebaran COVID-19.

Penyebab lainnya, kata dia, tidak ada libur panjang Lebaran tahun ini karena digeser menjadi 28-31 Desember 2020.

Bank BUMN ini memperkirakan kebutuhan uang tunai akan mencapai puncaknya pada 17-23 Mei 2020 atau minggu terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Peningkatan kebutuhan pada periode tersebut karena pembayaran gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR), kebutuhan uang tunai menjelang Lebaran, serta pengisian ATM selama libur Lebaran pada 21-25 Mei 2020.

"Kebutuhan tersebut diperkirakan akan mencapai puncak di Minggu keempat senilai Rp14,34 triliun,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati menambahkan pihaknya masih tetap menyediakan layanan penerimaan Online Payment Banking System (OPBS) pada libur Idul Fitri, yaitu pada tanggal 21, 22, 23, dan 25 Mei 2020.

Untuk layanan ini, pihaknya beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 12.00 waktu setempat di 23 gerai tertentu yang bisa diketahui melalui laman resmi BNI.

"Selama libur 21, 22, 23, dan 25 Mei seluruh outlet BNI libur kecuali di 23 outlet. Namun, khusus pada hari pertama Idul Fitri 1441 Hijriah, 24 Mei 2020, seluruh outlet kami tutup dan mulai 26 Mei, operasional berjalan seperti biasa," katanya.

Sebanyak 18.669 ATM juga siap digunakan untuk transaksi dan tersebar di lokasi strategis serta memanfaatkan kanal digital termasuk fasilitas transfer dalam jaringan hingga Rp400 juta melalui Mobile Banking.

Khusus untuk korporasi, bank ini melayani layanan kelola uang tunai dan bagi para pencari kerja, BNI eForm sudah siap dipakai sebagai bagian dari persyaratan dalam mendapatkan Kartu Prakerja.