Harga ayam potong di Palembang melonjak Rp32.000/Kg

id harga ayam,ayam potong,pedagang,pedagang pasar ,pedagang pasar tradisional,harga ayam di palembang,peternak ayam,peternak ayam di palembang,COVID-19,v

Harga ayam potong di Palembang melonjak Rp32.000/Kg

Pedagang ayam di Pasar Perumnas Palembang, Selasa (12/5). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang melonjak dari Rp28.000/Kg menjadi Rp32.000/Kg memasuki pekan ketiga Ramadhan, Selasa.

Sutinah, pedagang ayam potong di Pasar Perumnas Palembang, mengatakan kenaikan harga ayam ini cukup mengejutkan pembeli karena sebelumnya pada awal Ramadhan malah anjlok Rp20.000/Kg.

“Naik terus sejak seminggu terakhir, yang beli jadi sedikit,” kata Sutinah.

Senada, Lisa, pedagang ayam potong di Pasar Lemabang juga mengalami penurunan omzet karena kenaikan harga ayam tersebut.

“Bisa dikatakan turun 20 persen dari biasanya, pembeli banyak beralih beli ikan karena harganya lebih murah,” kata dia.

Sementara itu, melonjaknya harga ayam potong ini sudah diperkirakan Asosiasi Masyarakat Peternak Sumatera Selatan bakal terjadi menjelang Lebaran.

Keadaan ini disebabkan terjadi pengurangan pasokan mengingat peternak ayam ‘kecil’ banyak yang gulung tikar akibat pelemahan daya beli masyarakat saat virus corona menyerang di awal April.

“Perkiraan kami, nanti habis Lebaran pada tutup semua. Yang tersisa tinggal peternak ayam yang besar saja. Saat itu terjadi, maka harga ayam akan melonjak tajam,” kata Ismaidi.

Pantauan ANTARA, sementara untuk harga telur ayam justru bergerak turun dikisaran Rp17.000-Rp18.000/Kg.