Herman Deru minta Dinas Pertanian petakan lahan terdampak banjir

id Gubernur, lahan, banjir,Data

Herman Deru minta Dinas Pertanian petakan lahan terdampak banjir

Gubernur Sumsel Herman Deru (ANTARA/HO - Humas Pemprov)

Saya instruksikan Kepala Dinas Pertanian dan Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk segera mengirimkan pengadaan sarana produksi (saprodi) pertanian seperti benih, pupuk, dan lainnya
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta Dinas Pertanian untuk memetakan lahan pertanian yang terdampak banjir karena pihaknya akan memberikan bantuan.

"Hal ini karena Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dilanda banjir dan berdampak terhadap lahan pertanian," kata Gubernur Herman saat meninjau korban banjir di Kabupaten Ogan Kpomering Ulu Timur, Selasa.

Bahkan, lanjut dia, banjir tersebut sempat merendam puluhan hektare lahan sawah di sejumlah desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur beberapa hari lalu.

Gubernur saat melakukan peninjauan ke Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur menginstruksikan langsung jajaran Dinas Pertanian dan pihak terkait untuk melakukan pemetaan dampak yang timbul khususnya kerusakan bidang pertanian.

“Saya instruksikan Kepala Dinas Pertanian dan Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk segera mengirimkan pengadaan sarana produksi (saprodi) pertanian seperti benih, pupuk, dan lainnya," kata dia.

Apalagi Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur merupakan salah satu daerah yang menopang Provinsi Sumsel sebagai lumbung pangan.

Meskipun gempuran ujian yang luar biasa, katanya, pihaknya melihat masyarakatnya masih tetap tangguh, baik imannya maupun tangguh gotong royongnya.

Menurut dia, Pemerintah baik itu Pemprov Sumsel maupun Pemkab Ogan Komering Ulu Timur memberikan perhatian penuh untuk meringankan beban yang ditanggung masyarakat. Kendati saat ini Indonesia bahkan dunia masih didera pandemi COVID - 19, gubernur mengucapkan terimakasih karena Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur masih tetap dalam kondisi kondusif.

Beberapa titik dikunjungi Gubernur Sumsel sekaligus untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir berupa sembako, selimut, makanan ibu hamil, makanan balita dan peralatan sekolah kepada warganya.

Titik lokasi kunjungan kerja Gubernur di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dimulai dari Desa Bunga Mayang, kemudian Kampung Sawah, Mako Batalyon Armed. Diteruskan ke lokasi selanjutnya Puslatpur dan terakhir Desa Pulau Negara untuk meninjau jembatan yang putus karena dihantam banjir.

Bupati Ogan Komering Ulu Timur HM Kholid Mawardi dalam laporannya mengatakan, banjir yang melanda kabupatennya merupakan banjir kiriman Sungai Komering di wilayah Ogan Komering Ulu Selatan.

Kondisi air berangsur turun, namun sedang naik diwilayah bagian bawah. Berbagai upaya telah dilakukan pihaknya untuk masyarakat yang terdampak banjir diantaranya memberikan bantuan darurat mulai Sabtu pagi hingga Minggu lalu.