Angin puting beliung rusak 11 rumah di Rejang Lebong

id Puting beliung,angin puting beliung,bencana,bencana angin puting beliung bengkulu,angin puting beliun rejang lebong,rumah rusak,cuaca buruk

Angin puting beliung rusak 11 rumah di Rejang Lebong

Rumah warga Dusun III Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu Raya yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung. (ANTARA/HO/20)

Rejang Lebong (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, menyebutkan tiga dari 11 rumah yang terdampak bencana alam angin puting beliung yang melanda Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu Raya Minggu (10/5) tidak bisa ditempati.

Kepala Pelaksana BPBD Rejang Lebong M Budianto didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik, Don Aprisal di Rejang Lebong, Senin, mengatakan dari 11 rumah yang terdampak angin puting beliung ini tiga unit mengalami kerusakan berat dan delapan unit lainnya mengalami kerusakan ringan.

"Untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan kategori berat ini mengungsi ke rumah-rumah kerabatnya yang terdekat, rumah yang mengalami kerusakan berat terutama di bagian atapnya ini belum bisa ditempati," ujar dia.

Angin puting beliung yang terjadi pada Minggu siang sekitar pukul 13.00 WIB tersebut kata dia, menyebabkan 11 rumah terdampak dan satu lagi bangunan poskamling.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugian yang dialami warga mencapai puluhan juta rupiah.

"Rumah yang mengalami kerusakan ini terjadi di bagian atap, untuk yang tiga rumah rusak berat ini semua atap sengnya hilang sedangkan yang mengalami kerusakan ringan kehilangan atap lima sampai 10 lembar seng," tambah dia.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan assesmen ke lapangan guna mendata tingkat kerusakan dan hasilnya akan dilaporkan kepada Bupati Rejang Lebong sehingga nantinya bisa diberikan bantuan terutama atap bangunan yang hilang dan rusak.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong Zulfan Effendi dihubungi ditempat terpisah mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyiapkan bantuan berupa paket sembako dan peralatan dapur, kemudian selimut maupun terpal.

"Saat ini kami belum menerima data dan laporan kejadiannya, jika sudah ada akan kita berikan bantuan pascabencana berupa paket sembako, peralatan dapur, selimut dan terpal dan lainnya," kata Zulfan.

Sebelumnya, Minggu siang (10/5) sekitar pukul 13.00 WIB angin puting beliung menerjang perkampungan di Dusun III Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu Raya, kendati tidak memakan korban jiwa namun 11 rumah mengalami kerusakan, tiga di antaranya mengalami kerusakan berat.
Pewarta :
Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar