Bandara Sultan Thaha Jambi mulai layani penerbangan

id bandara sultan taha jambi,penerbangan di bandara sts,penerbangan citilink,pesawat citilink

Bandara Sultan Thaha Jambi mulai layani penerbangan

Pemeriksaan berkas calon penumpang pengecualian di Bandara Sultan Thaha Jambi. Hari ini, Senin (10/5) penerbangan pertama penumpang pengecualian di Bandara Sultan Thaha Jambi. (Antara/HO/Angkasa Pura)

Jambi (ANTARA) - Setelah dua kali mengalami pembatalan penerbangan, hari ini Minggu (10/5), Bandara Sultan Thaha Jambi melayani penerbangan pengecualian.

"Penerbangan dimaksud adalah Citilink dengan nomor penerbangan QG-965 tujuan Soekarno-Hatta," kata Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi M. Hendra Irawan 

Dijelaskannya kriteria penumpang yang dilayani mengacu kepada surat edaran (SE) nomor 4 Tahun 2020 yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

SE tersebut meliputi perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia, repatriasi Pekerja Migran Indonesia, WNI dan pelajar atau mahasiswa yang berada di luar negeri. Serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal.

Bandara Sultan Thaha Jambi bersama KKP Kelas III Jambi dan instansi terkait juga memastikan operasional bandara memenuhi ketentuan protokol kesehatan sebagaimana tercantum di dalam Permenhub Nomor 18 Tahun 2020, Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 dan SR.04.03/II/6689/2020 yang dikeluarkan oleh Dirjen P2P.

Sebagai tindak lanjut dari SE no 4 tahun 2020, Bandara Sultan Thaha telah membentuk posko penjagaan dan pemeriksaan sebelum pintu masuk SCP 1 Bandara Sultan Thaha Jambi yang dilengkapi dengan fasilitas penyelenggaraan protokol kesehatan.

Irawan mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan penuh dari KKP Kelas III Jambi, Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi, Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Dinas Perhubungan Kota Jambi, Korem 042 Garuda Putih dan Polresta Jambi dalam mengawal Posko Penjagaan dan Pemeriksaan di Bandara Sultan Thaha Jambi.

Di posko terpadu tersebut terlihat aktifitas pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan surat klirens kesehatan dari KKP, pemeriksaan dokumen pendukung penerbangan pengecualian dan pendampingan pengisian e-HAC melalui aplikasi online.

Muhammad Dani selaku SM Citilink membenarkan informasi penerbangan Citilink hari ini, dimana berdasarkan data telah diberangkatkan 13 orang penumpang dengan tujuan khusus, sementara yang datang sebanyak 5 orang.

"Pada penerbangan ini pihaknya juga mengangkut kargo udara sebanyak 4,9 Ton ke Soekarno-Hatta," kata Dani.

Mulai tanggal 11 Mei 2020 sendiri, Garuda Indonesia juga direncanakan melakukan penerbangan pengecualian untuk tujuan Soekarno-Hatta yang rencananya akan dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu yaitu setiap hari Senin dan Kamis.