Rutan Baturaja bagikan 500 paket sembako untuk warga terdampak COVID-19

id 500 paket sembako, Rutan terjun ke lapangan, 2,5 ton beras, warga terdampak covid

Rutan Baturaja bagikan 500 paket sembako untuk warga terdampak COVID-19

Rutan Baturaja, Kabupaten OKU terjun langsung ke lapangan membagikan paket sembako kepada warga terdampak COVID-19 (Antara/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membagikan 500 paket sembako untuk warga tidak mampu di wilayah setempat yang terdampak pandemi COVID-19.

Kepala Rutan Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Royhan Al Faisal didampingi Kepala Satuan Pengamanan, Ismaton dan Kasubsibyantah, Mirullah di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa bantuan ini diberikan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  RI melalui Rutan setempat untuk membantu masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang sedang mewabah hampir di seluruh daerah di Indonesia termasuk..

Dia mengemukakan, bantuan kebutuhan pokok tersebut berupa sebanyak 2,5 ton beras yang dikemas menjadi 500 paket sembako untuk disalurkan kepada masyarakat di wilayah setempat.

"Selain beras, paket sembako juga ditambah gandum, gula, kecap dan minyak sayur," katanya.

Menurut dia, ratusan paket sembako ini diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang terdampak COVID-19 guna membantu meringankan kebutuhan sehari-hari.

Untuk memastikan agar pembagian bantuan tersebut tepat sasaran, pihaknya langsung terjun ke lapangan membagikan paket sembako kepada warga mulai dari tukang ojek hingga petugas kebersihan di sejumlah kawasan di Kota Baturaja.

Selain itu, kata dia, dalam kegiatan sosial tersebut juga pihaknya melibatkan sejumlah wartawan yang bertugas di Kabupaten Ogan Komering Ulu agar bantuan ini benar-benar tersalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

"Ya, kami sengaja melibatkan wartawan dalam pembagian sembako ini, karena sudah barang tentu para jurnalis ini mempunyai informasi yang banyak terhadap siapa saja warga yang benar-benar membutuhkan bantuan," jelasnya.

Ia berharap, bantuan sembako ini bisa sedikit meringankan beban warga khususnya yang terdampak COVID-19 dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Karena secara tidak langsung dampak COVID-19 ini berdampak pada perekonomian masyarakat sehingga diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat membantu meringankan kebutuhan sehari-hari," harapnya.