Disdik Sumsel upayakan siswa SMK tetap jalani program magang

id magang, pkl siswa smk terganggu, siswa smk magang , kegaiatan magang s,program magang smk,disdik sumsel

Disdik Sumsel upayakan siswa SMK tetap jalani program magang

Kegiatan siswa SMK Negeri 2 Palembang. (ANTARA/Feny Selly/20)

Palembang (ANTARA) - Dinas Pendidikan Sumatera Selatan mengupayakan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tetap menjalani program magang atau praktik kerja lapangan setelah pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) berakhir.

"Kegiatan magang atau praktik kerja lapangan (PKL) siswa SMK terganggu dampak COVID-19 karena perkantoran memberlakukan sistem bekerja dari rumah, namun jika kondisi mulai membaik akan diupayakan kembali kegiatan magang," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Riza Fahlevi di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan siswa SMK berbeda dengan siswa SMA yang bisa menuntaskan kegiatan belajar mengajar dengan sistem belajar di rumah secara daring, sedangkan siswa SMK memerlukan kegiatan PKL di perusahaan atau lembaga yang sesuai dengan disiplin ilmunya.

Sebagai gambaran, kata dia, siswa SMK yang mengambil jurusan perbengkelan dan perhotelan, tentunya memerlukan PKL di bengkel dan hotel.

Untuk mengatasi masalah PKL bagi siswa SMK, pihaknya meminta kepala sekolah mendata siswa yang memerlukan PKL.

Selain itu, meminta pengelola SMK menjalin kerja sama dengan mitra perusahaan atau lembaga yang bisa menjadi tempat siswa melakukan magang atau PKL sesuai dengan disiplin ilmunya.

"Dengan melakukan persiapan itu, diharapkan pada saatnya sekolah bisa langsung menyalurkan siswanya ke tempat yang diinginkan sesuai dengan ketentuan," ujar Riza.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar