Gubernur Sumsel minta daerah rawan kebakaran hutan waspadai perubahan cuaca

id Gubernur, karhutla, waspada, cuaca

Gubernur Sumsel minta daerah rawan kebakaran hutan waspadai perubahan cuaca

Gubernur Sumsel Herman Deru (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta setiap daerah terutama yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk mewaspadai perubahan cuaca terutama memasuki musim kemarau.

"Berdasarkan pengalaman akhir tahun lalu hampir tidak ada hujan sehingga harus waspada akan adanya karhutla," kata Herman di Palembang, Senin.

Menurut dia, kepala daerah rawan karhutla harus meningkatkan kewaspadaan sehingga bencana tersebut dapat diantisipasi.

Begitu juga daerah yang lahan gambutnya luas maka kewaspadaan harus semakin ditingkatkan karena bila areal itu terbakar sulit untuk dipadamkan.

Sehubungan itu pihaknya meminta setiap daerah mengikuti perkembangan cuaca agar dapat mengantisipasi permasalahan yang dihadapi.

Dengan diketahui adanya perubahan cuaca sehingga dapat memperkirakan kapan bantuan baik peralatan di berikan pada daerah-daerah yang rawan karhutla di Sumsel.

Dalam upaya mengantisipasi perubahan cuaca tersebut pihaknya telah memanggil kepala BMKG untuk memberikan gambaran keberadaan cuaca ke depan.

Yang jelas kewaspadaan terus ditingkatkan supaya Sumsel bebas dari kabut asap yang dapat mengganggu kesehatan, ujar gubernur.

Sementara mengenai kesiapan Sumsel dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan sudah disampaikan pada pemerintah pusat melalui video conference.

Kewaspadaan penting karena Sumsel sebagai salah satu provinsi rawan kebakaran hutan dan lahan sebab memiliki lahan gambut terluas kedua di wilayah Sumatera.