Kabar gembira, pemerintah pusat tambah kuota 23 ribu Keluarga Penerima Manfaat di OKU

id OKU dapat kuota tambahan KPM,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Kabar gembira, pemerintah pusat tambah kuota 23 ribu Keluarga Penerima Manfaat di OKU

Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKU, Syaiful Kamal. ANTARA/ Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini mendapat kuota tambahan 23.597 kepala keluarga untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah setempat.

"Penambahan kuota dari pemerintah pusat ini untuk masyarakat yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST)," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Ogan Komering Ulu (OKU), Syaiful Kamal didampingi Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin, M Kholik di Baturaja, Jumat.

Berdasarkan data terbaru jumlah KPM BST di Kabupaten OKU mencapai 25.827 KK dari sebelumnya hanya sekitar 2.230 KK.

"Untuk 2.230 KK sudah diverifikasi dan validasi. Sedangkan, 23.597 KK kuota tambahan yang baru harus didata ulang," katanya.

Verifikasi dan validasi kuota tambahan ini, kata dia, akan dilakukan pemerintah kelurahan atau desa sebelum bantuan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima bantuan tersebut.

"Alasannya karena pemerintah kelurahan dan desa lebih mengetahui kondisi warganya masing-masing," jelasnya.

Terkait besaran bantuan yang akan diterima setiap KPM, lanjut dia, yaitu Rp600.000/bulan yang akan disalurkan dalam bentuk sembako.

"Mengenai jadwal pencairannya kami belum bisa memastikan kapan akan disalurkan karena saat ini masih dalam proses pendataan agar tidak terjadi penerima bantuan ganda," ujarnya.