90 persen jamaah calon haji Sumsel lunasi BPIH

id Jamaah, garuda, bpih,haji,pelunasan haji, haji sumsel

90 persen jamaah calon haji Sumsel lunasi BPIH

Arsip - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Palembang melakukan pengecekan paspor calon haji. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 6.267 orang jamaah calon haji asal Provinsi Sumatera Selatan telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji untuk pelunasan tahap pertama.

"Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1441 H/2020 M untuk jamah haji reguler tahap pertama ditutup Kamis (30/4) dan tercatat 90 persen jamaah sudah melunasi," kata Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi melalui Kasubbag Umum dan Humas H. Saefudin di Palembang, Jumat.

Pada musim haji tahun ini Sumsel mendapatkan kuota  7.012 orang dengan rincian 6.960 JCH, 47 petugas haji daerah, dan lima orang pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

Dari 6.960 jamaah yang berhak melunasi tahun ini,  6.267 orang jamaah atau 90 persennya telah melakukan pelunasan. Sedangkan untuk Petugas Haji Daerah (PHD) dan KBIHU sampai penutupan tahap satu belum ada yang melunasi, jelas dia.

Untuk sisa kuota, Kemenag membuka pelunasan tahap kedua pada 12-20 Mei 2020. Pelunasan tahap kedua ini dibuka untuk jamaah yang mengalami gagal pembayaran karena sistem pada saat tahap pertama.

Selain itu, mereka yang berhak melunasi pada tahap kedua adalah pendamping lansia, penggabungan mahram, serta jemaah disabilitas dan pendampingnya.

“Tahap dua juga untuk PHD dan pembimbing dari KBIHU,” katanya.

Dia mengatakan, secara umum pelunasan tiap kabupaten dan kota di Sumsel sudah di atas 84 persen. Hanya Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang persentase pelunasannya pada angka 75 persen.

Adapun lima kabupaten dengan persentase jamaah terbanyak yang melakukan pelunasan adalah Kabupaten Musi Banyuasin 99 persen, Lahat 98,3 persen, Banyuasin 97,5 persen, Empat Lawang 97,4 persen, dan Kota Pagaralam 95,5 persen.