Twitter berikan akses data terikini soal cuitan COVID-19 ke peneliti

id twitter,covid 19,data medsos,penelitian medsos,covid-19,corona,virus corona

Twitter berikan akses data terikini soal cuitan COVID-19  ke peneliti

People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in Warsaw September 27, 2013. Twitter Inc, the eight-year-old online messaging service, gave potential investors their first glance at its financials on Thursday when it publicly filed its IPO documents, setting the stage for one of the most-anticipated debuts in over a year. Picture taken September 27. REUTERS/Kacper Pempel (POLAND - Tags: BUSINESS TELECOMS LOGO) (REUTERS/Kacper Pempel)

Jakarta (ANTARA) - Twitter Inc akan memberikan akses ke data terkini soal cuitan tentang COVID-19 kepada para peneliti dan pengembang perangkat lunak agar bisa dimanfaatkan untuk mengurangi misinformasi dan mempelajari penyebaran penyakit.

Twitter, dikutip dari Reuters, menyatakan peneliti dan pengembang yang memiliki akun yang sudah diverifikasi oleh mikroblog tersebut bisa mendaftar ke untuk bisa mendapatkan akses ke COVID-19 stream endpoint.

Twitter akan memberikan sejumlah syarat untuk mereka, termasuk penelitian akan digunakan untuk kepentingan publik. Twitter juga akan meminta mereka untuk menjelaskan bagaimana keamanan dan privasi data dilindungi.

Para peneliti dan pengembang yang mendapatkan akses harus mematuhi peraturan mereka, seperti tidak memuat informasi kesehatan pengguna dan tidak menyimpan informasi pribadi pengguna.

Platform tersebut sebenarnya memiliki akses API untuk publik, namun, hanya sebagian kecil akses ke arus cuitan yang diberikn. Pengguna berbayar bisa mendapatkan akses yang lebih banyak.

Twitter menyatakan belum pernah menawarkan akses penuh ke arus cuitan tentang topik tertentu sebelum ini.

Program ini juga berlaku untuk para pakerja bidang manajemen krisis, tanggap darurat, komunikasi publik, juga pengembang machine learning.