Hari ini, sebagian besar wilayah Sumatera Selatan berpotensi hujan

id BMKG,cuaca,iklim,peringatan dini,hujan lebat,hujan,hujan petir,berawan

Hari ini, sebagian besar wilayah Sumatera Selatan berpotensi hujan

Awan hitam menyelimuti langit Palembang, Sumatera Selatan pada Selasa (21/1/2020). ANTARA/Nova Wahyudi/pd

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan sebagaian wilayah Sumatera Selatan bakal hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pda Rabu(28/4).

Rilis pers diterima ANTARA, Rabu, kondisi ini karena sebagian besar Indonesia sedang mengalami pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau.

Kondisi tersebut dipicu oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan sirkulasi siklonik di sekitar Laut Jawa bagian barat serta di perairan utara Maluku dan Papua Barat yang membentuk daerah belokan dan pertemuan angin (konvergensi).

Untuk itu, masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es). Khususnya di wilayah OKU, Muaraenim, Pagar Alam, OKU Selatan, Musi Banyuasin, Banyuasin, Musirawas dan Musi Rawas Utara.

Dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Pada pagi hari, diperkirakan cerah berawan - berawan; potensi hujan lokal di wilayah OKI, Banyuasin dan Ogan Ilir.

Siang hari, diperkirakan berawan hingga potensi hujan sedang - lebat di wilayah OKU, Muaraenim, Pagar Alam, Banyuasin, Musi Banyuasin, OKU Timur dan OKU Selatan; potensi hujan lokal di wilayah Musirawas, Musirawas Utara, Empat Lawang, OKI, Ogan Ilir dan Palembang.

Pada malam hari diperkirakan berawan hingga potensi hujan sedang - lebat di wilayah Musirawas, Musirawas Utara, Musi Banyuasin dan PALI; potensi hujan lokal di wilayah Prabumulih, Muaraenim, OKI dan OKU Selatan.

Sedangkan pada dini hari diperkirakan cerah berawan - berawan; potensi hujan lokal di wilayah OKI, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Ogan Ilir.

Suhu udara untuk wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI : 24 – 32 °C, Kelembaban udara 60 persen - 98 persen.

Suhu udara untuk wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan : 18 – 31 °C; Kelembaban Udara 65 persen - 100 persen.

Angin bergerak dari Barat Daya - Utara dengan kecepatan 05 – 20 km/jam. Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0.5 – 1.3 m. Sedangkan cuaca diperkirakan berawan. Angin bererak dari Utara - Timur dengan kecepatan 5 – 27 km/jam.