Hingga sepekan ke depan, BMKG ingatkan warga Sumsel waspadai hujan lebat disertai kilat dan petir

id BMKG,BMKG ingatkan,hujan lebat,hujan lebat disertai petir,musim pancaroba,musim kemarau,musim hujan

Hingga sepekan ke depan, BMKG ingatkan warga Sumsel waspadai hujan lebat disertai kilat dan petir

Awan hitam menyelimuti langit Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (21/1/2020). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pd.)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan warga di wilayah Sumatera Selatan untuk mewaspadai hujan lebat disertai kilat dan petir hingga satu pekan ke depan karena sebagian besar Indonesia sedang mengalami pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau.

Rilis pers diterima ANTARA, Selasa, potensi hujan lebat itu berlangsung dari 27 April-3 Mei 2020 yang juga terjadi di sejumlah provinsi tetangga Sumsel yakni Bengkulu, Jambi, Kep. Bangka Belitung dan Lampung.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil di wilayah Indonesia dapat terjadi beberapa hari ke depan.

Ini akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut dipicu oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan sirkulasi siklonik di sekitar Laut Jawa bagian barat serta di perairan utara Maluku dan Papua Barat yang membentuk daerah belokan dan pertemuan angin (konvergensi).

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es).

Dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.