Baznas Ogan Komering Ilir bagikan paket sembako ke guru ngaji

id sembako ,Baznas,COVID-19,corona,virus,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Baznas Ogan Komering Ilir bagikan paket sembako ke guru ngaji

Penyerahan bantuan sembako dari Baznas OKI di Kayuagung, Kamis (23/4)> (ANTARA/HO/20)

Palembang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, membagikan ratusan paket sembako kepada guru ngaji, petugas penghubung urusan keagamaan daerah hingga pengurus pondok pesantren, di daerah itu, Senin.

Sebanyak 463 paket sembako berisi 10 kg beras, dua kaleng susu, dua kilogram gula dan mi instan itu, disalurkan ke 18 kecamatan di Ogan Komering Ilir untuk meringankan beban hidup di tengah pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir H Husin mengatakan para guru ngaji dan petugas P2KD tentunya terdampak secara ekonomi atas kebijakan pemerintah, berupa pembatasan fisik dan perkumpulan massa.

Ketika kegiatan pembelajaran, baik di sekolah maupun lembaga nonformal, dialihkan ke rumah tentu berdampak pada para guru ngaji dan kantin-kantin sekolah. Demikian juga, kegiatan pernikahan yang dibatasi jumlahnya, kata dia.

Ketua Baznas Kabupaten Ogan Komering Ilir Nazir Bayd mengatakan bantuan Baznas ini dimaksudkan untuk memberikan inisiasi dan keteladanan bagi umat Islam.

“Agar semua masyarakat yang mampu terdorong untuk melakukan hal yang sama," kata dia.

Terkait bantuan terhadap masyarakat kurang mampu, Pemkab Ogan Komering Ilir juga sudah mendirikan dapur umum.

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir M Dja’far Shodiq mengatakan dapur ini akan beroperasi selama tiga bulan ke depan.

"Para pelaku usaha dan warga yang mampu dapat membantu keberlangsungan dapur umum ini," kata dia.

Dapur umum tersebut dikelola bersama unsur Pemda, TNI dan Polri yang membantu tukang ojek, angkot, becak, hingga kelompok masyarakat miskin baru.