Masyarakat Desa Gambut OKI terima pesanan masker kain, produksi 8.000 lembar

id masker, produksi masker, masyarakat desa gambut produksi masker, masker kain, buat masker antisipasi penyebaran covid 19

Masyarakat Desa Gambut OKI terima pesanan masker kain, produksi 8.000 lembar

Masyarakat desa gambut binaan BRG di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel, menerima pesanan pembuatan masker. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Masyarakat Desa Gambut binaan Badan Restorasi Gambut (BRG) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan menerima pesanan pembuatan masker kain untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Sejak Presiden Joko Widodo mewajibkan penggunaan masker bagi siapapun yang pergi atau beraktivitas di luar rumah, masyarakat Desa Menang Raya sudah memproduksi 8.000 lembar masker kain," kata Kepala Desa Menang Raya, Suparedy di Palembang, Rabu.

Ibu-ibu dan perempuan Desa Menang Raya yang biasa membuat kerajinan tikar dari bahan purun, memiliki keterampilan menjahit dan fasilitas yang memadai.

Selain itu juga untuk memaksimalkan pemanfaatan mesin jahit bantuan BRG kepada perajin purun pada tahun 2018.

Dengan mendapat pembinaan dari BRG, ibu-ibu dan perempuan desa ini mampu membuat masker kain dengan kualitas yang cukup baik, katanya.

Dia menjelaskan, sekarang ini warganya tengah menyelesaikan pesanan dari BRG Sumsel sebanyak 2.500 lembar masker kain.

Pesanan masker diharapkan bisa terus mengalir kepada masyarakat di desa gambut ini sehingga mereka mendapatkan tambahan penghasilan di tengah sulitnya ekonomi akibat mewabahnya virus corona baru itu.