BMKG ingatkan sejumlah kabupaten di Sumatera Selatan waspadai hujan petir disertai angin kencang

id BMKG,iklim,cuaca

BMKG ingatkan sejumlah kabupaten di Sumatera Selatan waspadai hujan petir disertai angin kencang

Petugas memantau cuaca melalui layar monitor di kantor Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Sumut, Jumat (2/1). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana/Rei/pd/15)

Palembang (ANTARA) - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan warga di sejumlah kabupaten di Sumatera Selatan untuk mewaspadai hujan lebat dengan disertai petir dan angin kencang yang terjadi dalam durasi singkat, Rabu.

Rilis pers diterima ANTARA, wilayah tersebut meliputi Musi Banyuasin, Banyuasin dan Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Musi Banyuasin, PALI, Muara Enim, Prabumulih, Banyuasin dan Palembang.

Pada pagi hari terdapat dua wilayah yang diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan lokal di wilayah OKI dan Empat Lawang.

Sementara pada siang hari yang berpotensi berawan hingga hujan sedang di wilayah Musi Banyuasin, Banyuasin dan Musi Rawas Utara, dan hujan lokal wilayah Pagar Alam dan Musi Rawas.

Pada malam hari diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah Musi Rawas, Musi Banyuasin, PALI, Muara Enim, Prabumulih, Banyuasin dan Palembang. Sedangkan potensi hujan lokal di wilayah Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Lahat, OKU, OKU Selatan, OKU Timur dan Ogan Ilir.

Sedangkan pada dini hari, kemungkinan berawan hingga potensi hujan sedang – lebat di wilayah Lubuk Linggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara, lalu potensi hujan lokal di wilayah Lahat, Muara Enim, PALI, Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Suhu Udara untuk wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI : 24 – 33 °C, Kelembaban udara 60 persen - 97 persen.

Suhu Udara Wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan : 18 – 32 °C; Kelembaban Udara 65 persen - 100 persen.
 
Angin yang bergerak dari  Utara – Tenggara dengan kecepatan 05 – 20 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan 0.1 – 0.5 m, cuaca diperkirakan berawan hingga hujan ringan, kemudian angin bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan 05 – 22 km/jam.

Baca juga: Sepanjang hari ini, wilayah Sumsel bakal berawan hingga hujan petir